Koperasi Perhutani Madura Dapat Predikat Baik di Kabupaten Pamekasan

MADURA, PERHUTANI (26/04/19) | Primer Koperasi Karyawan (Primkopkar) Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura mendapat nilai predikat baik, hal itu diungkapkan oleh Novandi selaku Kepala Bidang Pembinaan Koperasi Kabupaten Pamekasan pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup  buku tahun 2018 bertempat di aula gedung Kantor Perhutani Madura,  Jum’at (26/4).

Novandi mengatakan koperasi Perhutani KPH Madura ini mempunyai aset diatas 1 milyar, menurutnya koperasi tersebut masuk katagori koperasi besar dan pengrusnya harus mempunyai sertifikat kompetensi serta koperasi tersebut  harus memiliki Nomer Induk Koperasi (NIK) untuk kelayakan usahanya, “Alhamdulillah Primkopkar Perhutani KPH Madura ini sudah mempunyai NIK”, sebutnya.

“NIK tersebut masa berlakunya 2 tahun dan selanjunyta dapat diperpanjang kembali. Dengan adanya NIK itu menunjukkan kalau koperasi tersebut masih dalam keadaan seha,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa koperasi harus mengikuti standart nasional yang disebut Standart Akutansi Keuangan (SAK) untuk itu dirinya siap membantu koperasi di Perhutani dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Sementara itu Ketua Koperasi Primkopkar Perhutani KPH Madura Iskandar Zulkarnain dalam rapat tersebut menyampaikan RAT ini merupakan pertanggung jawaban pengurus koperasi setiap tahun untuk pertanggung jawaban keuangan dan penyusunan program kerja untuk tahun kerja berikutnya.

“Kinerja Primkopkar Perhutani KPH Madura saat ini sangat baik, itu bisa dilihat dari sisa hasil usahanya yang dari tahun ke tahun terus meningkat. Namanya Koperasi sesuai komitmen dari anggota, oleh anggota dan untuk anggotanya”,  tutur Iskandar.  Dia menyebut saat ini bidang usaha koperasinya meliputi simpan pinjam, pertokoan, dan kerjasama Perhutani dibidang pengadaan jasa angkutan tanaman, persemaian, tebangan,  dan pengadaan barang lainnya.

Sementara itu Administratur Perhutani KPH Madura Hengki Herwanto selaku pembina koperasi tersebut dalam arahannya menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinas Koperasi Kabupaten Pamekasan yang banyak memberikan bimbingan dan arahan kepada Primkopkar Perhutani KPH Madura sehingga bisa berjalan dengan baik. Hengki juga menyarakan koperasinya untuk melebarkan usahanya, salah satunya bersinergi dengan PT Bulog maupun perbankan.

Di acara RAT juga diadakan pemilihan pengurus dan pengawas yang baru melalui Formatur yang disetujui oleh anggota yaitu untuk Pengurus, dan terpilih Hermawan sebagai ketua dalam kepengurusan selanjutnya. Sebagai acara penutup acara tersebut dilanjutkan dengan pengundian doorprise dengan berbagai macam hadiah. (Kom- PHT/Mdr/Bmn)

Editor : Ywn

Copyright©2019