Kunjungan ke Wilayah Perhutani, Bupati Bandung Ikut Tanam Pohon

BANDUNG SELATAN, PERHUTANI (19/04/2019) | Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Selatan Tedi Sumarto mendampingi Bupati Bandung Dadang M. Nasser berkunjung ke Situ Cimeuhmal yang terletak di petak 1b Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Banjaran, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjaran, Kamis (18/04). Pada kesempatan itu juga dilaksanakan kegiatan penanaman sebanyak 3.000 bibit jenis endemik Jawa Barat dan Multi Purpose Tree Species (MPTS) di lahan seluas 6 ha sekitar Situ Cimeuhmal.

Rangkaian kegiatan kunjungan Bupati Bandung ke wilayah Perhutani KPH Bandung Selatan adalah bentuk sinergitas dalam pengembangan potensi daerah dan keseriusan Pemerintah Daerah Bandung dalam bidang lingkungan. Dalam kegiatan tersebut hadir pula para penggiat lingkungan KAPAS, PLSCI, LMDH dan tokoh masyarakat Desa Banjaran Wetan.

Administratur KPH Tedi Sumarto mengatakan pentingnya melestarikan Situ Cimeuhmal sehingga dapat menjadi destinasi wisata Bandung Selatan.

“Keberadaan Situ Cimeuhmal dan catchment area harus dilestarikan, dalam hal ini kami harap masyarakat bisa berkolaborasi dengan Perhutani untuk lebih mengoptimalkan situ ini sebagai salah satu lokasi wisata andalan di Kabupaten Bandung,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Bandung banyak berdiskusi dengan Administratur tentang pentingnya menjaga lingkungan dan pemanfaatan lingkungan yang arif untuk kepentingan masyarakat.

“Keberadaan Situ Cimeuhmal sangat penting, selain sebagai sumber mata air dan irigasi juga menjadi daya tarik tersendiri sebagai lokasi wisata. Kedepan Pemda Kabupaten Bandung dan Perhutani bersama para penggiat lingkungan, LMDH dan Warga setempat akan mengembangkan lokasi ini menjadi tempat wisata dengan konsep Nomadic Tourism,” ungkap Dadang. (Kom-PHT/Bds/Sg)

 

Editor : Ywn
Copyright©2019