Perhutani Bersama Polres Brebes Adakan Pembinaan dan Pelatihan Polisi Hutan

SLAWI, PERHUTANI   (26/04/2019)  | Bertempat di Kantor Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Pekalongan Barat dilaksanakan kegiatan pelatihan untuk personil polisi hutan dalam rangka  pencegahan kebakaran hutan  dan peningkatan  kesamaptaan, Kamis (25/04). Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kedisiplinan Polisi Khusus Kehutanan dalam menjalankan tugas sehari-hari.

Dalam sambutannya wakil administratur Hartanto menyampaikan pesan Administratur Perhutani Pekalongan Barat untuk terus meningkatkan koordinasi dengan Polsek dan Polres Brebes agar gangguan di kawasan hutan dapat diminimalisir.

Kasat Bimas Polres Brebes AKP Pranata mengemukakan bahwa Polisi Khusus Kehutanan harus bisa memetakan kerawanan hutan terhadap gangguan keamanan hutan, baik berupa pencurian, perusakan, penggarapan liar dan kebakaran hutan, yang selanjutnya untuk dikoordinasikan  dengan jajaran Polsek setempat .

Pranata menambahkan ,”Petugas keamanan hutan harus dapat mengambill langkah-langkah tindakan preventif berupa penyuluhan dan apabila masyarakat tetap melakukan kegiatan perusakan hutan agar ditindak sesuai Undang-Undang nomor 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan dan Undang-Undang nomor 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (P3H),’ ujarnya. ( Kom/PKB/ABS ).

Editor : Ywn

Copyright©2019