Perhutani Ikuti Pawai Alegoris Tradisi Tahunan Kabupaten Nganjuk

NGANJUK, PERHUTANI (10/04/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Nganjuk ikuti prosesi alegoris yang merupakan tradisi tahunan berupa pawai dokar yang dihias dengan berbagai aksesoris. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Nganjuk yang ke-1082 tahun, Selasa (9/4).

Kegiatan tersebut juga dijuluki sebagai ‘Bumi Anjuk Ladang’, yang dalam pelaksanaannya berupa pawai dokar yang dihias dengan berbagai aksesoris dengan ditunggangi seluruh pejabat di Kabupaten Nganjuk, dari Bupati, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kepala Instansi serta seluruh Camat kabupaten Nganjuk.

Alegoris tersebut mengacu pada sejarah dan prasasti yang menyebutkan pindahnya negara dari Berbek Bupati Kanjeng Adipati Sosrokoesoemo pada tahun 1880 lalu digantikan oleh Kanjeng Raden mas Sosrohadikusoemo, dengan berbagai pertimbangan, Nganjuk (ibukota kabupaten saat ini) lebih strategis sehingga dapat mempercepat laju peradaban di  wilayah Kabupaten Nganjuk.

Dalam kesempatan tersebut Administratur KPH Nganjuk, Bambang Cahyo Purnomo menyampaikan bahwa kegiatan alegoris ini merupakan kegiatan yang ke dua kalinya yang diikutinya selama menjabat sebagai Administrator di KPH  Nganjuk.

“Kegiatan ini wajib diikuti sebagai bentuk partisipasi Perhutani KPH Nganjuk yang merupakan bagian dari Pemerintahan Kabupaten Nganjuk untuk turut serta mempertahankan budaya daerah,” ujar Bambang.

Sementara itu dalam sambutannya Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat menyampaikan, pawai alegoris ini merupakan wujud warga Nganjuk menjunjung tinggi budaya leluhur, serta menggambarkan wujud gotong-royong warga Nganjuk dalam membangun negara.

“Budaya yang sudah bagus ini mari bersama-sama  kita rawat dan dijaga  agar lestari, Lestarining Budaya Mujudake Kuncaraning Bangsa”, ujarnya.

Seluruh rangkaian acara menggunakan bahasa dan pakaian adat Jawa, dalam pawai alegoris tersebut pun ikut diboyong 2 pusaka negara Nganjuk yaitu Tumbak Jurang Penatas dan Payung Tunggul Wulung menuju Pendopo Agung Kabupaten Nganjuk. (Kom-PHT/Ngj/Srl)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019