Perhutani Jombang Ajarkan Anak Cinta Lingkungan

JOMBANG, PERHUTANI (25/04/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang mengajarkan cinta lingkungan kepada anak Sekolah Dasar Madrasah Ibtidaiyah (SD MI) Mujahidin Parimono Jombang dengan mengajak mereka menanam bibit pohon sirsak, durian, jambu, nangka, sengon dan mahoni sejumlah 100 plances di lokasi Wanawisata Sumberboto yang terletak di Desa Japanan Mojowarno Jombang, Kamis (25/4).

Acara yang dikemas dalam kegiatan outbound tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemandirian, kedisiplinan, keberanian dan kebersamaan para siswa, kata Umi Rosita selaku guru pembimbing.  Menurut dia dengan mengikuti kegiatan ini agar anak lebih peka dan peduli terhadap kelestarian alam dan lingkungan, jelasnya.

Rosita menambahkan bahwa kegiatan outbond ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun oleh sekolah sebagai sarana pembelajaran di luar kelas. “Dengan mengikuti kegiatan ini maka anak-anak akan mendapat ilmu dan pengalaman baru seperti menanam bibit pohon di hutan yang dipandu oleh petugas Perhutani”, ujarnya.

Sementara itu Administratur Perhutani KPH Jombang Beddi Tavifuddin mengatakan, kalau Wanawisata Sumberboto adalah tempat yang ideal untuk kegiatan outbond dan piknik keluarga dalam rangka pengenalan alam lingkungan khususnya hutan, katanya.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan outbound dan penanaman bibit pohon yang dilakukan oleh anak-anak sekolah dasar tersebut. Kegiatan seperti ini dapat dijadikan modal dasar untuk meningkatkan keberanian, kemandirian, dan kepedulian siswa terhadap alam dan lingkungan sejak usia dini”, tutur Beddi.

Beddi juga menginformasikan bahwa selain wanawisata sumberboto Perhutani Jombang juga memiliki lokasi wisata lain yang tak kalah menarik, yaitu wanawisata Seloageng yang terletak di daerah Wonosalam yang lokasinya tidak jauh dari Sumberboto.

Kegiatan yang dilaksanakan sehari penuh itu diikuti sebanyak 100 orang siswa dan 5 orang guru pendamping. Dengan kegiatan outbound yang diikuti oleh siswa antara lain flying fox, meniti tali dan permainan outbound lainnya. Di akhir kegiatan tersebut semua peserta berkesempatan untuk berkeliling menikmati keindahan lokasi wisata Sumberboto dengan keasrian alamnya yang masih alami. (Kom-PHT/Jbg/Pri)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019