Perhutani Kenalkan Hutan Kepada Anak Sekolah Usia Dini di Mojokerto

MOJOKERTO,  PERHUTANI (12/04/2019) | Sebanyak 64 anak gabungan dari siswa Taman Kanak-Kanak (TK) Dharma Wanita Ardirejo dan TK Dharma Wanita Nogojatisari Kabupaten Lamongan melakukan kegiatan pengenalan hutan di lokasi persemaian Perhutani Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Mantup Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mojokerto, Sabtu (12/4).

Para siswa diajak mengelilingi hutan di petak 22f Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kedungwangi untuk mengenal jenis-jenis pohon dan fungsinya dalam kehidupan dengan didampingi oleh  Petugas Perhutani  dan 2 orang guru pembimbing. Selama perjalanan para siswa belajar dengan senang dan terlihat riang serta sangat antusias.

Usai berkeliling mereka menuju lokasi persemaian di BKPH Mantup untuk praktek proses di persemaian, salah satunya mengisi kantong plastik (polybag) dengan media tanam serta praktek menanam bibit pohon jati.

Administratur Perhutani KPH Mojokerto Suratno menyambut baik kegiatan tersebut, menurutnya hal itu sudah selaras dengan program Perhutani Mengajar di KPH Mojokerto. “Dengan mengenalkan hutan pada anak sejak di usia dini harapannya dapat membentuk jiwa anak tersebut untuk mencintai alam dan lingkungan khususnya hutan”, ujarnya.

Dalam kegiatan tersebut juga diikuti oleh Pengawas Sekolah TK-SD dari Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan. Menurut Asmu Selaku Ketua Pengawas kegiatan ini sangat bermanfaat bagi anak usia dini, dengan belajar dan interaksi langsung di alam bisa membuat anak lebih mudah memahami.

“Kegiatan ini bisa memberikan ruang gerak yang lebih luas kepada anak dengan suasana alam terbuka, sehingga kegiatan semacam ini dapat membantu melatih kemampuan motorik anak”, jelasnya. (Kom-PHT/Mjk/Umi)

Editor : Ywn

Copyright©2019