Ratusan Siswa SD Ikuti Outbound di Wisata Prataan Perhutani Parengan

PARENGAN, PERHUTANI (07/04/2019) | Sebanyak 100 siswa Sekolah Dasar (SD) Muhammadiyah  II Bojonegoro melaksanakan kegiatan pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka (Outbound) di lokasi Wana Wisata Prataan, yang berada di wilayah kerja Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Parengan, Minggu (7/4).

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari itu dibimbing oleh Tim Outbound ‘Watu Agar’ yang merupakan bagian dari pengelola Wana Wisata Prataan KPH Parengan.  Dengan pendekatan yang unik, sederhana dan efektif, para siswa dibimbing oleh tim sehingga meningkatkan antusiasme siswa selama kegiatan outbound.

Administratur Perhutani KPH Parengan Badaruddin Amin menyampaikan tim outbound ‘Watu Agar’ sudah bersertifikasi untuk mengadakan kegiatan dialam terbuka. “Dalam kegiatan outbound yang ditanamkan adalah pembentukan team building, team work, leadership, konsentrasi, saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif”, jelasnya.

Menurut dia dimensi alam sebagai objek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya.

“Kedepannya Wanawisata Prataan ini akan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung, selain menambah fasilitas yang sudah ada juga dilakukan perbaikan sehingga bisa menambah minat pengunjung”, ungkapnya.

Sementara itu Faridatur Rifqiyah salah satu guru pembimbing mengatakan kegiatan ini merupakan program rutin sekolah setiap tahun dengan tujuan mengembangkan kepercayaan diri, keberanian dan daya kreatifitas para siswa. Lokasi Wanawisata Prataan dipilih karena aksesibilitasnya mudah dan biaya yang murah.

“Apalagi Wanawisata Prataan ini masih sangat  terjaga  kebersihannya sehingga sangat baik untuk kesehatan, selain itu  juga tersedia sarana kegiatan lain seperti flying fox, panjat jaring dan lain-lain yang membuat para pelajar sangat menikmati kegiatan disana, ujarnya. (Kom-PHT/Prg/Ags).

 

Editor : Ywn

Copyright©2019