Siswa SD Alam Benteng Kunjungi Persemaian Perhutani Purwakarta

PURWAKARTA, PERHUTANI (30/04/2019) | Pada hari Selasa (30/04), Perum Perhutani kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwakarta kedatangan murid dari SD Alam Benteng, Kecamatan Campaka yang ingin mengetahui lebih jauh tentang cara budidaya Jati khususnya pembuatan bibit JPP di lokasi persemaian permanen JPP yang terletak di sekitar Situ Cigangsa di Petak 18, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Campaka, bagian kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Sadang.

Dengan kepolosannya, para siswa SD tersebut bermain dan bertanya segala macam hal kepada petugas  Perhutani yang mendampingi di persemaian. Dengan penuh keceriaan dan kesabaran petugas menerangkan pertanyaan seperti tujuan stek pucuk ditutup dengan sungkup plastik sampai dengan bibit disimpan di bedeng area, tentunya semua dengan bahasa yang dipahami oleh anak-anak.

Administratur KPH Purwakarta, Sukidi di tempat terpisah mengatakan bahwa ia memberikan apresisasi yang setinggi-tingginya kepada para guru pembimbing yang telah membawa anak-anak didiknya berkunjung ke persemaian permanen JPP.

“Hal ini akan membawa dampak positif terhadap kecintaan anak-anak Sekolah Dasar terhadap lingkungan alam sekitar khususnya hutan. Apalagi lokasi SD Alam Benteng tersebut berada atau berbatasan langsung dengan kawasan hutan. Di samping itu kegiatan ini juga dapat menambah ilmu pengetahuan khususnya dalam hal pembuatan bibit JPP,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Sekolah SD Alam Benteng, Ida Ayuni menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk respon dari kondisi sekolah yang berada di perbatasan kawasan Perum Perhutani.

“Kebetulan di persemaian permanen Cigangsa, sedang dilaksanakan pembuatan bibit Jati jadi sekalian saja diprogram untuk mengajak anak-anak untuk mengenal cara pembuatan bibit Jati, sambil refresh menyambut bulan suci Ramadhan,” tutupnya. (Kom-PHT/Pwk/Bdm)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019