Bupati Madiun Ikut Amati Hilal di Kawasan Hutan Perhutani

SARADAN, PERHUTANI (05/05/2019) | Untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 Ramadhan 1440 H sebagai tanda dimulainya ibadah puasa bagi umat Muslim, Bupati Madiun Ahmad Dawami bersama Badan Hisab Ru’yat (BHR) dari Kementerian Agama Republik Indonesia Kabupaten Madiun melakukan Ru’yatul Hilal di petak 112 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Piji Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tulung Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan, yang berada pada ketinggian 147 Mdpl dengan koordinat Lintang -7° 29’ 23,6” dan Bujur 111° 42’ 53,3”, Minggu (5/5).

Selain Bupati Madiun acara tersebut juga dihadiri Wakilnya beserta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Madiun dan Pejabat Perhutani KPH Saradan yang diwakili oleh Wakil Administratur Perhutani KPH Saradan Timur Ganjar Winahyu dan jajarannya.

Pada kesempatan tersebut Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan bahwa lokasi yang terletak dikawasan hutan Perhutani KPH Saradan cocok untuk digunakan sebagai kegiatan Ru’yatul Hilal. “Kita bekerjasama dengan Perhutani untuk menjadikan lokasi ini sebagai tempat untuk melihat hilal yang dikemas dalam bentuk wisata religi dan pendidikan untuk masyarakat Madiun dan sekitarnya”, Ujar Ahmad Dawami.

Ditempat terpisah Noor Rochman menyampaikan bahwa Perum Perhutani KPH Saradan mendukung kegiatan Ru’yatul Hilal yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Madiun yang memlilih lokasi di kawasan hutan BKPH Tulung. Noor Rochman berharap nantinya lokasi tersebut dapat menjadi destinasi wisata religi yang didalamnya terdapat kegiatan Ru’yatul Hilal.

“Semoga ini bermanfaat dan berguna bagi masyarakat Madiun, khususnya umat Islam dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan ini yang pada akhirnya bisa menambah pahala untuk kita semua”, imbuh Noor Rochman. (Komp-PHT/Srd/Swn)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019