Menikmati Wisata Sigrowong di Temanggung

KEDU UTARA, PERHUTANI (07/05/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Utara  memiliki lokasi wisata alam hutan pinus yang menawan, yaitu  Sigrowong. Wisata alam ini terletak di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Tlogopucang, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Candiroto atau wilayah Desa Gesing Kecamatan Kandangan berjarak 8 kilometer dari kota Temanggung.

Hutan Pinus Sigrowong atau Taman Gua Sigrowong sendiri tak lepas dari keberadaan gua yang berada di tengah hutan pinus tersebut. Menurut cerita, konon gua kecil berdiameter sekitar 80 cm dan berkedalaman sekitar 7 meter tersebut dulunya adalah persembunyian para Tentara Pelajar di Temanggung pada saat Belanda melakukan agresi dalam kurun waktu 1949-1950.

Selain  ada track untuk offroad terdapat pula camp area yang sangat aman dan nyaman. Sumber air yang melimpah menjadi camp area ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Gazebo-gazebo yang dipasang oleh pengelola diatas pohon-pohon pinus, menambah daya tarik tersendiri buat siapapun yang datang untuk sekedar menatap keindahan hutan sambil mengabadikannya melalui foto-foto selfie.

Potensi wisata selain adanya Gua Sigrowong, hutan pinus di tempat ini ternyata sudah terbiasa menjadi ajang para atlit off road nasional berlaga. Beberapa kali sudah dihelat oleh kegiatan off road berkelas nasional. Keadaan yang masih alami dengan lebatnya hutan menjadi sajian tersendiri dari para off roader saat melintas. (Kom-PHT/KDU/ant)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019

Artikel Terkait: