Perhutani Akan Salurkan Dana Bina Lingkungan untuk TK Tunas Rimba Kedungbrubus Saradan

SARADAN, PERHUTANI (02/05/2019) | Kepala Seksi Program Kemitraan & Bina Lingkungan (PKBL) dan Pengembangan Koperasi Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur Solviana Gaspersz didampingi oleh bendahara Yayasan Taruna Rimba Perhutani (YTRP) Agus Wijiharti dan Sekretaris YTRP Lina Handayani melakukan kunjungan di Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) Tunas Rimba 3 Kedungbrubus yang berada di Desa Notopuro Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun (30/4).

Maksud dan tujuan kunjungan tersebut adalah untuk melihat langsung kesesuaian antara rencana bentuk fisik dan rencana anggaran belanja (RAB) yang dibuat dalam pembangunan TK Tunas Rimba 3 Kedungbrubus dan TK Tunas Rimba 2 Rejuno yang telah mengajukan proposal biaya pembangunan sebesar Rp 93 juta melalui dana Bina Lingkungan (BL) yang merupakan salah satu program Corporate Social Responcibility (CSR) dari Perum Perhutani.

Kepala Sekolah TK Tunas Rimba Kedungbrubus 3, Kasiatun mengatakan bahwa sekolahnya memilki 29 orang siswa untuk kelas B dan sebentar lagi ada tambahan dari penerimaan siswa baru untuk kelas A, sementara disekolahnya hanya ada 1 kelas. “Untuk kegiatan mengajar antara kelas A dan kelas B kita harus melakukan cara bergantian, atau memberikan sekat pada ruang kelas tersebut untuk dijadikan dua kelas yang akhirnya menjadi sempit, tidak nyaman dan tidak efektif lagi untuk kegiatan belajar dan mengajar”, ujarnya.

“Untuk itu kita membutuhkan pembangunan satu kelas lagi agar kegiatan belajar dan mengajar bisa berjalan lancar”, tambah Kasiatun.

Pada kesempatan itu Solviana mengatakan akan berusaha menyalurkan dana program bina lingkungan ini dengan prioritas kegiatan yang benar-benar bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat sekitar hutan seperti untuk pembangunan jalan, jembatan, pipanisasi saluran air juga termasuk sarana pendidikan dan lain-lain.

“Harapannya bantuan dari Perhutani ini dapat bermanfaat dan bisa dirasakan oleh masyarakat sehingga mampu menumbuhkan rasa kepedulian kepada Perhutani terutama dalam ikut menjaga keamanan dan kelstarian hutan”, kata Solviana.

Ditempat terpisah Administratur KPH Saradan Noor Rochman menyampaikan TK Tunas Rimba merupakan sekolah yang dikelola oleh Yayasan Taruna Rimba Perhutani (YTRP) dan mempunyai tiga Sekolah Taman Kanak-Kanak (TK) yaitu TK Tunas Rimba 1 berada di desa Sidorejo Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun, TK Tunas Rimba 2 berada di desa Rejuno Kecamatan Karangjati Kabupaten Ngawi dan TK Tunas Rimba 3 yang berada di desa Notopuro Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun.

“Dari ketiga Sekolah TK tersebut baru TK Tunas Rimba 1 yang sudah diperbaiki fisik bangunannya pada tahun 2015 yang lalu, namun dua TK lainnya belum pernah diperbaiki sehingga tentu saja sudah banyak mengalami kerusakan-kerusakan dan perlu adanya penambahan dari fisik bangunan dan penambahan ruang kelas di TK Tunas untuk memperlancar kegiatan belajar dan mengajar siswa di sekolah”, pungkasnya. (Kom-PHT/Srd/Swn)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019