Perhutani Bersama Forkopimda Jember Tandatangani Mou

JEMBER, PERHUTANI (29/05/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jember bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding  (MoU)  pendampingan pengamanan aset negara berupa kawasan hutan dan penanganan masalah hukum perdata dan tata usaha negara (TUN) yang dilaksanakan di Hotel Aston Jember, Rabu (28/5).

Dua obyek nota kesepahaman tersebut yakni bidang pendampingan dan penanganan pengamanan aset negara berupa kawasan hutan ditandatangani oleh Administratur Perhutani KPH Jember Rukman Supriatna dengan Komandan Kodim (Dandim) 0824 Jember Letkol Inf. Arif Munawar dan Kapolres Jember yang diwakili oleh AKP. Yatwivana Jumbo Q selaku Kepala Satuan Resort Kriminal (Kasat Reskrim).

Sedangkan nota kesepahaman tentang penanganan masalah hukum perdata dan tata usaha negara (TUN) ditandatangani oleh  Rukman Supriatna dan Ponco Hartanto selaku Kepala Kejaksaan Negeri Jember.

Usai menandatangi Mou tersebut Rukman Supriatna menjelaskan bahwa kerjasama tersebut dilakukan sebagai bentuk sinergitas Perhutani dengan Forkopimda terkait penanganan pengamanan di kawasan hutan. “Karena tidak hanya menyangkut pengamanan kayu atau semua aset yang ada di hutan, tetapi juga kaitanya dengan bencana alam dan lain-lain,” kata Rukman.

Menurutnya hutan yanag lestari dapat meningkatkan kesejahteraan, karena dapat menjadi sumber perekonomian masyarakat setempat. “Dengan bersinergi bersama Forkopimda ini kami ingin fokus pada pengamanan hutan agar bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat”, sambungnya.

Sementara itu Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jember Ponco Hartanto menyampaikan bahwa pihaknya akan bertindak sebagai pengacara negara untuk mendukung upaya-upaya pengamanan aset hutan,  sehingga dapat dimanfaatkan sepenuhnya untuk kesejahteraan masyarakat luas,” tuturnya.

Ditempat yang sama Dandim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar juga menyampaikan, bahwa pihaknya siap mendukung pengamanan hutan dengan memanfaatkan jajaran dibawahnya yakni Komando Rayon Militer (Koramil) yang memiliki pengetahuan tentang kawasan hutan di wilayahnya untuk membantu pendampingan dan pengamanan aset negara berupa kawasan hutan dalam rangka menjaga kelestarian untuk sumber kesejahteraan masyarakat.

Acara tersebut disaksikan oleh segenap manajemen Perhutani Jember, rombongan Polres Jember, Kodim 0824 dan Kejaksaan Negeri yang dilanjutkan dengan acara berbuka puasa bersama. (Kom-PHT/Jbr/Ags)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019