Perhutani Dukung LMDH Dalam Produksi Minyak Kayu Putih di Jombang

JOMBANG, PERHUTANI (14/05/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang mendukung upaya Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Rimba Jaya Makmur untuk melakukan pengolahan daun kayu putih yang dikelola oleh LMDH  Rimba Jaya Makmur sendiri untuk dijadikan minyak kayu putih. Bentuk dukungan berupa pemberian pasokan bahan baku berupa daun kayu putih, yang bertempat di Desa Carangwulung, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang pada Minggu (13/05).

Administratur Perhutani KPH Jombang Beddi Tavifuddin mengatakan bahwa pihaknya akan membantu dalam pemenuhan bahan baku produksi minyak kayu putih milik LMDH Jaya Makmur. Menurutnya Perhutani KPH Jombang saat ini memiliki potensi tanaman kayu putih seluas 1.014 ha, dengan target produksi daun kayu putih sebanyak 1.838 ton.

Beddi juga menyampaikan bahwa dengan potensi tersebut Perhutani Jombang mampu untuk memasok kebutuhan bahan baku daun kayu putih untuk LMDH Rimba Jaya Makmur. Dia juga menjelaskan bahwa potensi tanaman kayu putih diwilayahnya tersebar di tiga Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) yaitu BKPH Munung, BKPH Ngujung Barat dan BKPH Ngujung Timur.

“Selain untuk memasok kebutuhan LMDH Rimba Jaya Makmur, kami juga memasok kebutuhan Pabrik Minyak Kayu Putih (PMKP) Kupang milik Perhutani di KPH Mojokerto”, tambah Beddi.

Sementara itu Ketua LMDH Rimba Jaya Makmur Sujari menyampaikan bahwa dengan mereka memiliku dua mesin ketel penyulingan minyak kayu putih, ia juga optimis dapat memproduksi minyak kayu putih lebih cepat. Sujari berharap kerjasama ini dapat berlangsung terus, sehingga dapat membawa manfaat masyarakat setempat.

“Alhamdulillah sampai dengan pertengahan bulan Mei 2019 produksi minyak kayu putih milik LMDH ini sudah mencapai 682 kilogram atau senilai Rp 166 juta”, jelas Sujari. (Kom-PHT/Jbg/DJ)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019