Perhutani Gelar Sosialisasi Tanaman Biomassa di Sukabumi

SUKABUMI, PERHUTANI (17/05/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi  menggelar sosialisasi tanaman biomassa kepada Masyarakat Desa Hutan (MDH), Jumat (17/05) di Balai Desa Mangun Jaya, Kecamatan Waluran, Kabupaten Sukabumi.

Acara dihadiri oleh Administratur KPH Sukabumi Agus Yulianto beserta jajaran, Sekretaris Desa Manggung Jaya Muldan beserta jajaran, 62 anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), dan masyarakat setempat. Selama kegiatan sosialisasi berlangsung, para peserta mengikuti dengan antusias dan seksama.

Berdasarkan rencana, tanaman biomassa yang akan dikembangkan di KPH Sukabumi hingga tahun 2021 adalah seluas 4.500 Ha. Untuk tahun 2019, luas wilayah yang akan ditanami adalah 1.005 Ha, dengan jenis tanaman Kaliandra Merah.

Administratur KPH Sukabumi, Agus Yulianto menyampaikan sosialisasi tersebut dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat sehingga diharapkan masyarakat dapat memahami dan mendukung keberhasilan tanaman. Mengingat lokasi yang luas dan tersebar, acara sosialisasi serupa direncanakan akan dilaksanakan pada waktu dan lokasi yang berbeda di wilayah desa sektar hutan yang berdekatan dengan rencana lokasi tanaman biomassa.

“Keberhasilan tanaman perlu dukungan dari semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaannya, salah satunya adalah masyarakat desa sekitar hutan,” ujar Agus.

Menanggapi sosialisasi yang disampaikan oleh tim KPH Sukabumi, Ketua LMDH Manggung Jaya Ukat menyampaikan  dukungan atas rencana yang akan dilaksanakan Perhutani Sukabumi.

“Kami siap mendukung rencana tanaman biomassa oleh Perhutani dengan harapan program ini dapat memberikan manfaat bagi Perhutani dan masyarakat,” tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Sekretaris Desa Manggung Jaya, Muldan dalam sambutannya. Ia menyampaikan dukungan pada program yang akan dilaksanakan Perhutani bersama masyarakat.

“Kami akan mendukung keberhasilan tanaman biomassa, semoga program ini dapat menjadi sumber peningkatan bagi warga desa kami” ujar Muldan. (Kom-PHT/Skb/Tfk)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019