Safari Ramadhan, ADM Perhutani Bahas Pengembangan Sengon Bersama LMDH

SARADAN, PERHUTANI (09/05/2019) | Mengawali kegiatan pada bulan suci Ramadhan 1440 H,  Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan melakukan Safari Ramadhan dan buka puasa bersama dengan pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) diwilayahnya, salah satunya LMDH Karya Usaha yang berada di Dusun Bangeran Desa Bobol Kecamatan Sekar Kabupaten Bojonegoro yang dikunjungi pada Rabu (8/5).

Dalam kesempatan itu Administratur Perhutani KPH Saradan Noor Rochman membahas tentang rencana peningkatan kerjasama sekaligus memantapkan proses kerjasama pengembangan tanaman Sengon yang telah dikembangkan sejak tahun 2016 oleh LMDH Karya Usaha.

Sebelumnya  Noor Rochman bersama beberapa ketua LMDH yang mengikuti acara tersebut menyempatkan diri untuk meninjau langsung tanaman Sengon di petak 38 Resot Pemangkuan Hutan (RPH) Pakolan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Rejuno yang merupakan salah satu obyek kerjasama tanaman antara Perhutani KPH Saradan dengan LMDH Karya Usaha sejak tahun 2016.

Dalam kesempatan itu Noor Rochman menyampaikan bahwa pihaknya sangat mendukung segala bentuk usaha untuk menggali potensi sumberdaya hutan terutama kerjasama tanaman Sengon. “Kami akan bicarakan dengan bagian perencanaan, lokasi mana saja yang bisa untuk dikerjasamakan dengan tanaman sengon, agar nanti lokasinya tidak berbenturan dengan rencana teknik tahunan (RTT)”, ungkapnya.

Ketua kelompok kerja (Pokja) LMDH Karya Usaha Saimo mengatakan bahwa di wilayah hutan RPH Pakolan yang berada di desa Bobol ini sangat cocok untuk dikembangkan tanaman sengon.  “Untuk itu kami berharap agar Perhutani bisa menambah lahan untuk dikerjasamakan dengan LMDH Karya Usaha”, katanya. Menurut dia dengan adanya tambahan keluasan tanaman yang dikerjasamakan akan dapat meningkatkan pendapatan kedua belah pihak.

Acara Safari Ramadhan tersebut juga dihadiri  jajaran pengurus dari beberapa LMDH lainnya, diantaranya LMDH Rukun Makmur, LMDH Wono Mukti, LMDH Sumber Rejeki, LMDH Kelestarian Hutan, LMDH Rimba Sejahtera, LMDH Rembuk Wana, LMDH Wono Lestari  dan LMDH Kelestarian Hutan Baru. (Kom-PHT/Srd/Swn)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019