SMK Kehutanan Rimba Taruna, Akhiri Praktek Kerja di Perhutani Lawu Ds

LAWU DS, PERHUTANI(18/05/2019) | Siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Kehutanan Rimba Taruna Rembang yang melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Lawu Ds sejak tanggal 30 Maret – 17 Mei 2019 lalu, mengakhiri kegiatannya yang ditandai dengan penutupan PKL yang dilaksanakan di aula Kantor Kabupaten Madiun, Jum’at (17/5).

“Praktek yang diikuti sebanyak 31 orang siswa ini adalah bentuk implementasi secara sistematis dan sinkronisasi antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja”, kata Administratur Perhutani KPH Lawu Ds, Asep Dedi Mulyadi yang diwakili oleh Adi Nugroho selaku Wakil Administratur Lereng Lawu Wilis (LLW)

Adi menyampaikan bahwa selama praktek para siswa lebih banyak melakukan kegiatan dilapangan, mulai membuat perencanaan, persemaian, tanaman hingga tebangan dan cara proses adminitrasi kegiatan. “Karena Lawu Ds ini kelas hutannya rimba, maka mereka juga melakukan praktek sadapan getah pinus dan membantu penerimaan getah di tempat penerimaan getah (TPG)”, ujarnya.

Dalam sambutan penutupnya Adi berharap selain meningkatkan kemampuan siswa tentang kehutanan, praktek kerja lapangan ini dapat meningkatkan jiwa kebersamaan, apalagi selama hampir satu bulan para siswa tinggal bersama di rumah masyarakat desa pingiran hutan. “Praktek ini adalah awal membangun jiwa korsa rimbawan, susah senang dilewati bersama dan akan terus teringat sampai nanti kalian telah menjadi orang yang sukses”, ujarnya.

Sementra itu Suwito Harahap Kepala Sekolah SMK Kehutanan Rimba Taruna menyampaikan terima kasih kepada pihak Perhutani yang sudah menugaskan petugas pembimbing praktek kerja ini sampai dengan selesai. “Kami mohon maaf apabila para siswa selama praktek ini ada yang kurang berkenan, dan kami akan mengupayakan perbaikan-perbaikan ke depannya”, kata Suwito.

“Praktek kerja lapangan ini merupakan kegiatan rutin SMK Kehutanan Rimba Taruna, dengan harapan menjadikan sumberdaya manusia yang handal di lapangan nantinya yang diperoleh dari hasil praktek ini”, tutup Suwito. (Kom-PHT/LwuDs/Arf)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019