Tanaman Macadamia, Potensi Tersembunyi Perhutani di Bandung Selatan

BANDUNG SELATAN, PERHUTANI (30/05/2019) | Kepala Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Hutan Lindung (BPDAS-HL) Citarum Ciliwung didampingi Administratur Bandung Selatan melakukan kunjungan dalam rangka peninjauan tanaman Macadamia dan persemaian tanaman Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) tahun 2019 di Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Selatan, Rabu (29/05).

Tanaman Macadamia adalah pohon dengan batang berkulit licin berwarna cokelat terang, yang bisa tumbuh sampai setinggi 20 m. Tanaman ini merupakan genus dari 8 spesies tumbuhan dari familia Proteaceae, tersebar di Australia timur (7 spesies), dan Sulawesi (1 spesies, M. hildebrandii).

Pada kesempatan tersebut, Administratur Bandung Selatan Teddy Sumarto mengatakan bahwa potensi tanaman Macadamia kedepan perlu dikembangkan, karena harga di pasar untuk buah Macadamia roasted per-Kg bisa mencapai Rp 900 ribu. Tanaman macadamia mulai di tanam di wilayah KPH Bandung Selatan sejak tahun 1997, tanaman tersebut ternyata cocok dan tumbuh besar di petak 3f dan 4b Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Patuha, Bagian Keatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Ciwidey. Hasil inventarisasi tanaman Academia yang tumbuh di ke 2 lokasi tersebut seluas 2,5 Ha dengan jumlah pohon sebanyak 235 batang.

“Kedepan, berdasarkan arahan dari Kepala BPDAS-HL Citarum-Ciliwung, pihaknya bersama Perhutani akan mengembangkan dan segera melakukan sertifikasi benih untuk tanaman Macadamia ini,” jelas Tedy.

Kepala BPDAS-HL Citarum Ciliwung, Taruna Jaya mengatakan selama ini negara Australia yang sudah dikenal mengembangkan tanaman Macadamia.

“Kenapa harus ke Australia jauh-jauh, di kita juga ada. Buktinya ini, jelas Macadamia ada,” pungkasnya.

Sementara terkait pelaksanaan RHL 2019, pihak KPH Bandung Selatan telah melakukan berbagai persiapan yang terlihat dari kondisi tanaman jenis Pinus di persemaian RHL BKPH Ciwidey sangat baik dan terpelihara, sehingga nantinya akan siap tanam.

Pada akhir kunjungannya Kepala BPDAS-HL mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan Perhutani khususnya KPH Bandung Selatan dalam menyukseskan kegiatan RHL 2019. (Kom-PHT/Bds/Ugk)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019