Baturraden Masuk Nominasi API Award 2019

REPUBLIKA.CO.ID (17/06/2019) | Kawasan wisata Baturraden di lereng selatan Gunung Slamet Kabupaten Banyumas, masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2019. Dalam nominasi penghargaan yang digagas Kementerian Pariwisata ini, Baturraden mewakili Provinsi Jawa Tengah dan akan bersaing dengan sembalin destinasi wsiata kategori Dataran Tinggi Terpopuler.

”Ini merupakan capaian yang cukup membanggakan. Dengan masuk sebagai nominasi, maka Baturraden sebagai destinasi wisata andalan di Banyumas akan semakin banyak dikenal masyarakat,” jelas Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Dinporabudpar) Kabupaten Banyumas Asis Kusumandani, Senin (17/6).

Dalam event penghargaan tersebut, Asis, menyatakan Baturraden akan bersaing dengan sesama destinasi wisata dataran tinggi di Tanah Air. Destinasi wisata yang masuk nominasi untuk kategori yang sama, antara lain destinasi wisata Batu Runcing di Sawahlunto, Bukit Bawang Bakung Kabupaten Lampung Barat, Bukit Kaba di Kabupaten Rejang Lebong, Bukit Pulo Dua Kabupaten Banggai dan obyek wisata lainnya.

Dengan masuknya Baturraden sebagai nominasi penghargaan API Award, dia berharap masyarakat Banyumas dan warga Jateng pada umumnya, bisa memberi dukungan agar Baturraden bisa menjadi kawasan wisata terpopuler. ”Caranya dengan cara mengirim pesan pendek (SMS) dari seluruh provider telepon selular,” jelasnya.

Asis juga menyatakan, kawasan wisata Baturraden memiliki cukup banyak obyek wisata yang layak dikunjungi. Selain obyek wisata Baturraden yang dikelola Pemkab Banyumas, juga ada obyek wisata Taman Bunga yang dikelola Pemerintah Provinsi Jateng.

”Selain yang dikelola pemerintah daerrah, di Baturraden juga ada obyek wisata yang dikeola BUMN Perhutani dan pihak swasta. Semua obyek wisata tersebut, memiliki daya tarik tinggi untuk dikunjungi,” jelasnnya.

Selain masuk nominasi API Award, khusus lokawisata Baturraden yang dikelola Pemkab Banyumas, pernah dua kali meraih penghargaan Abiwara Pariwisata Jawa Tengah. Penghargaan yang diraih, khususnya untuk kategori objek wisata yang dikelola oleh pemerintah kabupaten/kota.

 

Sumber : republika.co.id

Tanggal : 17 Juni 2019