Perhutani Bersama HKTI Gelar Sosialiasi Pengembangan Tanaman Lada

TASIKMALAYA, PERHUTANI (17/06/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya bersama Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kabupaten Tasikmalaya menggelar sosialisasi penanaman Lada di petak 63b s/d 74b seluas 240,5 Ha di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Salopa, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cikatomas KPH Tasikmalaya, Jumat (14/06).

Hadir dalam kegiatan tersebut Administratur Perhutani Tasikmalaya Benny Suko Trihatmoko, Ketua HKTI Kabupaten Tasikmalaya Dede Ijaz, dan perwakilan anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Karya Tani, LMDH Sugih Mukti, LMDH Piscakura dan LMDH Hutan Lestari, serta masyarakat desa setempat.

Dengan tema “Penyiapan dan Penerima Fasilitas Dana Bergulir (FDB) untuk  usaha Kehutanan”, sosialisasi penanaman ini merupakan program pemerintah yang harus dilaksanakan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, sehingga mereka dapat memahami dan mendukung keberhasilan program tersebut.

Administratur Perhutani Tasikmalaya, Benny Suko Trihatmoko menyampaikan bahwa sosialisasi program penanaman Lada dalam rangka memulihkan, meningkatkan dan mempertahankan fungsi hutan sehingga daya dukung, produktifitas serta perannya dalam mendukung sistem penyangga kehidupan tercapai.

“Tanaman Lada harus dipertahankan dan dijaga oleh LMDH sehingga nantinya dapat dipetik hasilnya oleh anggota sehingga tercipta kawasan hutan yang harmonis. Program ini merupakan program Pemerintah yang harus kita dukung demi terwujudnya hutan yang lestari, dan harapannya program ini terlaksana dengan baik dan sukses sehingga masyarakat bisa mendapatkan manfaat yang besar dari hutan untuk kemaslahatan LMDH itu sendiri,” pungkasnya.

Ketua HKTI Kabupaten Tasikmalaya, Dede Ijaz menyampaikan akan memberikan teknik dan bimbingan kepada masyarakat yang ikut menanan di lahan Perhutani untuk itu masyarakat harus peduli dan pro aktif dalam penanaman lada ini untuk kemandirian dan kemajuan masyarakat itu sendiri.

Pada kesempatan yang sama Ketua LMDH Karya Tani, Rosid mewakili LMDH yang hadir menyampaikan sosialisasi kegiatan penanaman Lada ini merupakan salah satu upaya dalam menangani lahan kritis yang ada di pulau Jawa khususnya Salopa, untuk itu LMDH siap menstabilkan  dan menyukseskan tanaman lada ini.

“Kami siap mendukung dan mensukseskan tanaman Lada yang merupakan  program Pemerintah, untuk kemajuan dan  kemakmuran demi kemaslahatan LMDH itu sendiri,” pungkasnya. (Kom-PHT/Tsk/AH)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019