Perhutani Bersama Wakil Bupati Ngawi Gelar Sosialisasi Perhutanan Sosial

NGAWI, PERHUTANI (13/06/2019) | Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ngawi gelar sosialisasi Perhutanan Sosial (PS) bersama Wakil Bupati Ngawi Onny Anwar yang diikuti oleh segenap pengurus Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah Kabupaten Ngawi.

Kegiatan yang dikemas dalam acara Halal Bihalal 1440 hijriyah tersebut berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 11 hingga 13 Juni 2019 dan dilaksanakan secara marathon di tiga tempat,  yakni tanggal 11 Juni di Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Walikukun, tanggal 12 Juni di BKPH Begal dan tanggal 13 Juni di BKPH Geneng.

Wakil Bupati Ngawi Onny Anwar dalam acara tersebut menyampaikan bahwa Perhutanan Sosial dengan skema Pengakuan dan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) nomor P.83 tahun 2016 memberikan peluang usaha bagi  LMDH.

“Semenjak ada Surat Keputusan (SK) Kulin KK keberadaan hutan menjadi lestari, masyarakat bisa memanfaatkan untuk peningkatan perekonomiannya, sehingga diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” tutur Onny.

Sementara itu Administratur Perhutani KPH Ngawi Haris Suseno dalam sambutannya melalui Wakil Administratur Ngawi Tengah Mukhlisin Sabarna mengatakan, dengan adanya Kulin KK keberadaan LMDH telah tercatat pada arsip negara sehingga nantinya akan mendapatkan fasilitas dan bantuan dari program pemerintah. “Dengan Kulin KK juga hutan berdasarkan fungsinya dapat dimanfaatkan secara berimbang sehingga hutan menjadi lestari”, pungkasnya. (Kom-PHT/Ngw/Rth)

Editor : Ywn

Copyright©2019