Perhutani Gelar Sosialisasi Program RHL di Kabupaten Bandung

BANDUNG  UTARA, PERHUTANI (13/06/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Utara menggelar sosialiasi rencana kegiatan tanaman Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) tahun 2019 yang merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui BPDAS Citarum Ciliwung di Kantor Desa Cipanjalu, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung, Rabu (12/6).

Kegiatan ini dihadiri sejumlah elemen masyarakat mulai dari unsur Muspika, Polsek Cimenyan, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) se-Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH)  Manglayang Barat, dan masyarakat setempat.

Administratur KPH Bandung Utara Komarudin dalam sambutannya mengatakan pada tahun 2019 ini program RHL yang akan dilaksanakan oleh KPH Bandung Utara mencapai luas lahan sekitar 1.033 hektar. Meskipun begitu, penerapan program RHL ini sebenarnya sifatnya hanya menyempurnakan bukan semata menutupi banyaknya lahan kritis. Sebab, hutan di kawasan Bandung Utara tutupan lahannya masih cukup baik. Untuk mensukseskan program ini Perhutani juga mengajak semua elemen masyarakat untuk turut andil karena manfaat program RHL ini tentunya cukup banyak bagi kehidupan.

“Menanam pohon yang berguna bagi kehidupan baik untuk manusia maupun hewan bisa juga disebut sebagai sedekah jariyah yang pahalanya terus mengalir sehingga program RHL ini sangat mulia. Selain itu, program RHL juga berdampak pada terbukanya peluang lapangan kerja bagi masyarakat. Untuk tahun ini kami akan melaksanakan program RHL di empat titik yakni di Manglayang Barat, Padalarang, Cisalak dan Lembang.” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cipanjalu Wawan menyatakan semua elemen masyarakat siap mendukung dan membantu Perhutani KPH Bandung Utara dalam mensukseskan program RHL pada tahun 2019 ini. Sebab, pada dua tahun kebelakang, program RHL ini sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (Kom-PHT/Bdu/Ren)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019