Perhutani Jadi Narasumber Forum Masyarakat Peduli Api di Temanggung

KEDU UTARA, PERHUTANI (25/06/2019) Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan ( KPH )  Kedu Utara menjadi narasumber Sosialisasi dan Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) dengan tema “Kebijakan Perlindungan Hutan Pada Aspek Kebencanaan Kebakaran Hutan dan Lahan” di Temanggung, Selasa (25/06). Kegiatan tersebut turut dihadiri Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah, Jajaran Polsek Selopampang, Jajaran Koramil Selopampang, Jajaran Kecamatan Selopampang dan Pemerintah Desa Tanggul Anom.

Dalam paparannya Kasi Pengelolaan Sumber Daya Hutan M. Imam SBH,  menyampaikan pesan Administratur Perhutani Kedu Utara bahwa  peran dan tanggungjawab masyarakat sebagai stakeholder kehutanan sangat diharapkan dalam mengantisipasi bencana seperti kebakaran hutan dan lahan serta menjaga keamanan dan kelestarian hutan.

“Masyarakat Peduli Api beranggotakan masyarakat dari desa sasaran yang berbatasan dengan kawasan lindung yang memiliki potensi terjadi kebakaran, MPA nantinya menjadi mitra terutama bagi Perhutani yang memiliki kewenangan dalam pengelolaan, dalam upaya pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan dan lahan”, ujar Imam.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Cabang Dinas Kehutanan Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah Safrudin mengharapkan kedepan  aparat baik Perhutani, Desa, dan intansi terkait  bisa turut memberdayakan MPA melalui fasilitasi, pendampingan ataupun pelatihan terhadap MPA yang sudah ada. “MPA diharapkan dapat diberi pendapingan dan terfasilitasi agar bisa berfungsi sebagaimana mestinya dalam perlindungan hutan,”tutup Safrudin. (kom.pht/kdu/ant)

Editor : Ywn

Copyright©2019