Perhutani Kedu Selatan Bersama BPJS Purworejo Fasilitasi Pelatihan Dan Sosialisasi Perlindungan Ketenagakerjaan Petani Kopi

PURWOREJO, PERHUTANI (27/06/2019)   | Perhutani  Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan bekerjasama dengan BPJS  Purworejo memfasilitasi pelatihan budidaya kopi dan sosialisasi program BPJS  sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan dan perlindungan para petani kopi  yang memanfaatkan  lahan dibawah tegakan hutan, Purworejo, Kamis (27/06). Kegiatan tersebut   berlangsung  tanggal 25 – 27 Juni 2019 di Hotel Sanjaya Inn, Purworejo dan diikuti 170 orang  anggota  Lembaga Masyarakat desa Hutan (LMDH) yang tersebar di 7 kecamatan di  Kabupaten Purworejo.

Administratur KPH Kedu Selatan Yuda Suwardanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengelolaan lahan dibawah tegakan merupakan salah satu peluang untuk meningkatkan perekonomian yang ada di desa hutan. “ Pentingnya melibatkan masyarakat desa hutan dalam proses mewujudkan pengelolaan hutan lestari  baik dari sisi aspek kelola produksi, kelola sosial dan kelola lingkungan sehingga nilai – nilai konservasi sumberdaya hutan pun tetap terjaga “ ujar Yudha.

Pada kesempatan yang sama Deputi Direktur BPJS Wilayah  Jateng dan DIY, Mochammad Triyono menginformasikan disamping pelatihan budidaya kopi dan pengolahannnya juga pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi petani kopi khususnya  guna mengantisipasi resiko kecelakaan kerja dengan iuran yang tidak memberatkan masyarakat. “Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi petani kopi tidak hanya dari segi ekonomi namun juga adanya manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan”  tutup Triyono. (Kom.PHT/KDS/ken).

 

Editor : Ywn

Copyright©2019