Perhutani Sukabumi dan LMDH Kembangkan Destinasi Wisata Alam Cukang Paku

SUKABUMI, PERHUTANI  (27/06/2019 )  |  Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi bersama Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Satiawargi dan Pemerintah Desa merintis lokasi Cukang Paku sebagai destinasi wisata alam baru di Sukabumi.

Lokasi wisata yang memiliki ketinggian 600 m dpl tersebut terletak di petak 50b, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Hanjuang Timur, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Lengkong, yang secara administratif masuk Desa Sirnasari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi.

Objek rintisan wisata alam Cukang Paku menawarkan pemandangan berupa sebuah danau yang bersih  dikelilingi pepohonan pinus dengan udara segar yang menyejukkan bagi para pengunjungnya.

Administratur KPH Sukabumi, Agus Yulianto pada kesempatan terpisah menyampaikan bahwa Cukang Paku adalah rintisan wisata alam di KPH Sukabumi yang saat ini sedang dikembangkan bekerjasama dengan masyarakat dan pemerintah.

“Pengembangan Cukang Pakung sebagai destinasi wisata alam di Sukabumi melibatkan masyarakat dan pemerintah. Kami harap pengembangannya akan menambah dan memperkaya destinasi wisata alam di wilayah Sukabumi,” ujar Agus.

Hal senada juga disampaikan Ketua LMDH Satiawargi, Usep Supendi yang menyatakan bahwa pelaksanaan pengembangan Cukang Paku sebagai destinasi wisata alam baru di Sukabumi dilaksanakan dengan dukungan dari berbagai pihak.

“Upaya menjadikan Cukang Paku menjadi objek wisata di wilayah pangkuan Desa Sirnasari saat ini sudah mendapat sambutan dari para pengunjung terutama masyarakat sekitar maupun luar wilayah desa. Semoga upaya ini dapat menjadi berkah bagi kita semua khususnya masyarakat di desa kami, “ ujar Usep.(Kom-PHT/Skb/Tfk)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019