Siswa TK Tunas Rimba Benculuk Belajar Cara Buat Coklat di “Doesoen Kakao” Banyuwangi

BANYUWANGI SELATAN, PERHUTANI (26/06/2019) | Yayasan Taruna Rimba Perhutani (YTRP) Cabang Banyuwangi Selatan mengadakan kegiatan study tour dengan mengajak 38 siswa kelas B Taman Kanak-kanak (TK) Tunas Rimba Benculuk ke ‘Doesoen Kakao’ Banyuwangi di PTPN XII Kebun Kendenglembu Glenmore Banyuwangi untuk melihat proses pembuatan coklat, Rabu (26/6).

Kegiatan tersebut diadakan sebagai acara pelepasan siswa sebelum mereka melanjutkan ke jenjang sekolah dasar yang dimaksudkan untuk memberikan pembelajaran kepada siswa agar mereka mengetahui secara langsung proses pembuatan coklat yang berasal dari buah kakao.

 Ketua YTRP Cabang Banyuwangi Selatan Alfi Miftach R Nur Budi yang mendampingi siswa dalam kegiatan tersebut menyampaikan study tour ini merupakan suatu bentuk apresiasi atas capaian prestasi yang sudah diraih TK Tunas Rimba baik tingkat Kecamatan maupun Kabupaten, pembelajaran kegiatan diluar kelas ini juga untuk menambah wawasan bagi anak.

“Jadi anak akan tahu, bahwa coklat yang selama ini mereka beli dan makan berasal dari buah kakao. Dan yang terpenting kegiatan ini dapat menciptakan suatu kenangan yang baik sehingga akan dikenang  mereka hingga dewasa kelak,” tutur Alfi.

Sementara itu Administratur Perhutani KPH Banyuwangi Selatan Nur Budi Susatyo saat dikonfirmasi di ruang kerjanya menyampaikan, “Perhutani sangat mendukung pendidikan bagi masyarakat sekitarnya karena ini merupakan aspek sosial dari tiga aspek pembangunan kehutanan di Perhutani, dan upaya ini sangat mendukung program pemerintah yaitu ikut mencerdaskan kehidupan bangsa”, katanya

Dia berharap agar pendidikan pada TK Tunas Rimba Benculuk yang dikelola YTRP Cabang Banyuwangi Selatan dapat terus berkembang mengikuti perkembangan dan dapat bersaing dengan TK lainnya.

Dalam study tour tersebut semua siswa ditunjukkan  untuk melihat proses pembuatan coklat, mulai pembibitan tanaman kakao, melihat tanaman kakao yang sudah berbuah, pemisahan biji sampai proses pembuatan coklat hingga merasakan lezatnya coklat di tempat tersebut. (Kom-PHT/Bws/Muk)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019