Hari Krida Pertanian ke-47, Perhutani Ciamis dan LMDH Pamerkan Produk Unggulan

CIAMIS, PERHUTANI (11/07/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Pataruman mengikuti pameran Hari Krida Pertanian (HKP) ke-47 tahun 2019 dengan menggelar sejumlah produk-produk unggulan LMDH Ciamis, bertempat di lapangan samping terminal Kota Banjar, Rabu (10/07).

Kegiatan HKP diselenggarakan selama 4 hari dari tanggal 9-12 Juli 2019 dan diprakarsai oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Banjar bekerjasama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kota Banjar.

Pameran ini dihadiri oleh Walikota Banjar Ade Uu Sukaesih, Wakil Walikota Banjar Nana Suryana, Setda Kota Banjar Ade Setiana, Kapolres Banjar AKBP Yulian Pendana, Kajari Kota Banjar Gunadi, Ketua KTNA Kota Banjar Herman Sutrisno, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kades dan Lurah, unsur BUMN, Asosiasi Usaha, Kelompok Tani, dan berbagai organisasi masyarakat yang berkaitan dengan usaha pertanian dan nelayan.

Administratur Perhutani KPH Ciamis, Agus Mashudi mengatakan bahwa kegiatan HKP Tingkat Kota Banjar ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi produk-produk hasil hutan. Selain itu juga untuk menunjukkan bahwa pengelolaan hutan yang dilakukan oleh Perhutani melibatkan masyarakat dan memberikan kontribusi yang besar kepada mereka. Agus menambahkan, pameran ini diharapkan menjadi momentum apresiasi bagi para petani agar mereka menjadi petani hutan yang memiliki pengetahuan, keterampilan, dan penghasilan dalam mewujudkan kemandirian pangan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di sekitar kawasan hutan.

“Kami sangat antusias mengikuti kegiatan ini, selain sebagai media promosi produk-produk yang dihasilkan dari hutan, juga memberikan informasi pada masyarakat bahwa kegiatan di Perhutani ini tidak lepas dari program Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat (PHBM). Kerjasama dengan LMDH berupa pemanfaatan kawasan hutan guna meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya sekitar hutan.  “Leuwueng Hejo Masyarakat Ngejo” mari kita berkontribusi dalam kegiatan kemandirian ekonomi melalui PHBM ini,” ungkapnya.

Perwakilan LMDH Pataruman wilayah Kota Banjar,  Engkos mengucapkan terimakasih kepada Perhutani Ciamis yang telah memfasilitasi LMDH sehingga bisa ikut serta dalam kegiatan pameran.

“Semoga produk kami lebih dikenal oleh masyarkat luas sehingga memudahkan kami dalam hal pemasaran khusunya produk-produk yang dihasilkan dari wilayah sekitar hutan,” pungkasnya. (Kom-PHT/Cms/Bun)

Editor : Ywn

Copyright©2019