Menteri BUMN Kunjungi Lokasi Wisata Perhutani di Kebumen

PURWOREJO, PERHUTANI (04/07/2019) | Menteri BUMN Rini Soemarno melakukan kunjungan ke lokasi wisata di kabupaten Kebumen, Kamis (04/07).

Beberapa lokasi wisata yang dikunjungi antara lain Pantai Menganti dan Goa Jati jajar yang masuk dalam wilayah kelola Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Gombong Selatan dan Bukit Pentulu Indah di BKPH Kebumen.

Dalam kunjungan tersebut, Menteri BUMN Rini Soemarno mengutarakan keinginannya untuk mengemas kawasan wisata Kebumen menjadi lebih menarik mengingat posisi strategis Kebumen yang dekat dengan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (NYIA) di Kulonprogo.

“Pentingnya terutama memberdayakan masyarakat sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dan tentu saja  investasi untuk mendorong perbaikan wisata daerah”, ujarnya.

Dalam keterangannya, Administratur KPH Kedu Selatan Yudha Suswardhanto menyampaikan bahwa dalam rangka mensinergikan BUMN guna membangun kontribusi untuk masyarakat sekitar hutan dan destinasi wisata alternatif, Perhutani KPH Kedu Selatan secara keseluruhan memiliki 58 obyek wisata yang tersebar di 5 Kabupaten yaitu Purworejo, Kebumen, Wonosobo, Banjarnegara dan Banyumas yang telah dikerjasamakan baik bersama LMDH maupun Pemerintah daerah.

“Kabupaten Kebumen adalah yang terbanyak, kurang lebih 25 obyek wisata yang telah dikembangkan Perhutani sebagai salah satu upaya mendorong wisata berbasis Forest Management yang dikelola bersama masyarakat sekitar desa hutan. Salah satu obyek wisata andalan Kebumen antara lain Pantai Menganti, obyek wisata sepanjang garis pantai selatan maupun dalan kawasan hutan Perum Perhutani yang menampilkan bentangan alam yang masih lestari dan menarik”, ujar Yudha. (Kom-PHT/KDS/Ken)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019