Perhutani Ciamis Beri Bantuan Ratusan Bibit ke Kodim 0613 Ciamis

CIAMIS, PERHUTANI (17/07/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ciamis menyerahkan bantuan bibit tanaman Merbau (Intsia Bijuga) kepada Komando Distrik Militer (Kodim) 0613 Ciamis bertempat di kantor Bagian kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Banjar Utara, Selasa (16/07).

Penyerahan bibit dilakukan secara simbolis oleh Asisten Perhutani (Asper) Banjar Utara Amar Sukmana kepada perwakilan Kodim Ciamis, Kapten Budiyani. Bibit tersebut rencanamnya akan ditanam di Desa Budiasih, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis sebanyak 168 plances.

Pada kesempatan terpisah Administratur KPH Ciamis, Agus Mashudi mengatakan bantuan bibit oleh KPH Ciamis sudah sering dilakukan tidak hanya di tahun 2019 saja. Hal itu membuktikan bahwa Perhutani sangat peduli terhadap masalah lingkungan. Agus menambahkan tanaman dapat meningkatkan kualitas hidup manusia karena manfaatnya yang sangat banyak, sehingga semua pihak harus memiliki tanggungjawab terhadp lingkungan.

“Untuk kesekian kalinya Perhutani KPH Ciamis berikan bantuan bibit tanaman sebagai wujud kepedulian terhadap kelestarian alam baik dalam kawasan maupun luar kawasan hutan. Gerakan penanaman pohon harus tetap dilestarikan. Lingkungan yang asri dengan banyak pohon, mampu mengurangi pemanasan global. Tanaman tidak hanya mencegah bencana, akan tetapi manfaatnya jauh lebih banyak. Lingkungan hidup yang terpelihara dengan baik, pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas hidup manusia. Persoalan lingkungan merupakan tanggung jawab semua pihak,” ujarnya.

Perwakilan Kodim Ciamis, Kapten Budiyani mengucapkan terimakasih kepada Perhutani Ciamis yang telah menyediakan bibit untuk penanaman bersama. Ia berharap tanaman tersebut kelak dapat berfungsi optimal sebagai pengatur ekosistem tanah dan menjaga ketersediaan air serta mencegah terjadinya bencana banjir dan erosi.

“Kedepan diharapkan kegiatan ini dapat dilakanakan secara kontinyu dan kerjasama yang telah terjalin baik dengan Perhutani Ciamis bisa lebih ditingkatkan,” pungkasnya.  (Kom-PHT/Cms/Bun)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019