Perhutani dan Dishut Provinsi Jatim Sosialisasikan NSDH di Madura

MADURA, PERHUTANI (09/07/2019) | Perhutani Divisi Regional Jawa Timur melalui Departemen Perencanaan dan Pengembangan Bisnis dan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur melakukan sosialisasi Petunjuk Teknis Penyusunan Neraca Sumber Daya Hutan (NSDH) yang diikuti oleh Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura dan Cabang Dinas Kehutanan (CDK) sewilayah Madura yang dilaksanakan di Pamekasan (9/7).

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahanan dan tata cara kepada seluruh peserta sosialisasi dalam hal penyusunan NSDH yang dimana nantinya  menjadi modal awal untuk pemanfaatan sumberdaya alam serta untuk menghitung ketersediaan sumberdaya serta potensi yang dapat dihasilkan.

Kepala Bidang Planologi Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur Iwan menyampaikan bahwa penyusunan NSDH merupakan modal awal untuk pemanfaatan sumber daya hutan, dengan cara menghitung ketersediaan sumber daya dan potensi yang dapat dihasilkan baik secara ekonomi dan lingkungannya.

“Selain itu harus ada kelangsungan bagi kesejahteraan masyarakat untuk generasi sekarang dan mendatang, sehingga NSDH harus dapat memberikan informasi mengenai besarnya serta cadangan yang masih terisi saldo sumber daya hutan,” jelas Iwan.

Dalam kesempata yang sama Kepala Departemen Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Susilo Budi menyampaikan jika NSDH menjadi dasar dalam pemanfaatan sumber daya hutan, “Terlebih Perhutani merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bidang Kehutanan, NSDH menjadi modal utama kami,” papar Susilo.

Susilo menambahkan dalam rangka terselenggaranya pengelolaan hutan secara efisien dan lestari seluruh kawasan hutan terbagi dalam unit–unit kesatuan pengelolaan hutan atau KPH. “Karena dalam rangka tata kelola hutan dan penyusunan rencana pengelolaannya diperlukan data dan informasi mengenai potensi sumber daya hutan, karakteristik wilayah, kondisi sosial ekonomi serta informasi lainnya pada suatu wilayah KPH tersebut,” pungkasnya.  (Kom-Pht/Mdr/Bmn)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019