Perhutani Kuningan Ajak Stakeholder Optimalkan Potensi Mata Air

KUNINGAN, PERHUTANI (17/07/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kuningan menggelar pertemuan dengan stakeholder untuk membahas rencana pemanfaatan kerjasama potensi sumber mata air yang ada di kawasan hutan, Selasa (16/07) bertempat di petak 37 e Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cileuya, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Cibingbin.

Acara dihadiri oleh Junior Manajer Bisnis (JMB) Rahmat Hidayat mewakili Administratur KPH Kuningan, Camat Cimahi Agung Gumelar beserta jajaran, Kepala Desa Cileuya Yuswan Idris, Kepala Desa Cihanjaro Asep Bambang, Kepala Desa Karang Kencana Harun Suntana, Kepala Desa Segong D. Rukman, dan Kepala Desa Margacina Sukardi serta masyarakat sekitar hutan Cileuya sebanyak 36 orang.

Administratur KPH Kuningan Uum Maksum melalui Junior Manajer Bisnis, Rahmat Hidayat menyampaikan bahwa potensi mata air di kawasan hutan yang dikelola Perhutani kuningan begitu melimpah. Terdapat 150 titik sumber mata air yang tersebar di beberapa lokasi. Sejumlah 53 titik sudah dimanfaatkan masyarakat melalui Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang dibiayai Anggaran Bank dunia, APBN (Anggaran Pendapatan Belanja Negara), dan APBD (Anggaran Pendapatan Belanja Daerah).

“Potensi mata air ini perlu dioptimalkan pemanfaatannya melalui kerjasama dengan stakeholder setempat yang ada di sekitar hutan sehingga mempunyai nilai dan manfaat yang lebih untuk mensejahterakan dan mencukupi kebutuhan masyarakat. Perhutani berharap bisa mendapat sharing dengan adanya kerjasama ini dengan tetap menjaga kelestarian alam,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Desa Cileuya mewakili Kepala Desa yang hadir mengucapkan terima kasih kepada Perhutani atas pertemuan tersebut dan rencana kerjasama dengan menyediakan lahan untuk captering air guna mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Seluruh kepala desa yang hadir akan siap membantu, menjaga, dan melestarikan sumber daya hutan alam yang ada serta memberikan manfaat kepada Perhutani sekaligus membantu kepentingan kesejahteraan masyarakat kami,”  ungkapnya. (Kom-PHT/Kng/Dd)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019