4 BUMN Bekali “Siswa Mengenal Nusantara” di Sulawesi Barat

JAKARTA, PERHUTANI (13/08/2019) | Perum Perhutani, PT Perkebunan Nusantara III (PTPN III), PT Kawasan Industri Makassar (KIMA), dan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) memberikan pembekalan pada 23 siswa yang lolos seleksi program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) 2019 bersama tiga pendampingnya di Hotel Maleo Town Square Mamuju hari ini Selasa (13/8) sebelum mereka dilepaskan untuk bertolak ke Provinsi Papua Barat pada Rabu (14/8).

Acara dibuka oleh Plt. Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PTPN III Widya Udiantini yang sekaligus menyampaikan paparan dari Kementerian BUMN. Pembekalan diberikan bersama dengan Kepala Divisi Pembinaan Anak Perusahaan Perum Perhutani Pusat Slamet Teguh W, dan Kadep Pengadaan dan PKBL PT KIMA Muhammad Ilham tentang tugas dan tanggungjawab siswa selama di provinsi tujuan yaitu Papua Barat serta manfaat dari keikutsertaan siswa dalam program SMN tersebut.

Dalam pembekalan siswa SMN 2019 dijelaskan juga profil, peran, dan aktivitas Perum Perhutani, PTPN III, PT KIMA, dan PT RNI sebagai BUMN Indonesia yang mengemban tugas dari pemerintah di bidang masing-masing.

Program SMN dilaksanakan setiap tahun di 34 Provinsi di Indonesia oleh BUMN yang ditunjuk oleh Kementerian BUMN. Tahun 2019, PTPN III ditunjuk sebagai PIC bersama Perum Perhutani, PT KIMA, dan PT RNI sebagai CO-PIC dalam melaksanakan sejumlah rangkaian kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri untuk wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

SMN bertujuan untuk menanamkan rasa bangga dan cinta tanah air sejak dini kepada anak didik SMA/SMK/SLB sebagai bangsa yang memiliki kekayaan Nusantara dan potensi daerah diperkenalkan melalui interaksi langsung siswa dengan komponen Pemerintahan dan masyarakat di Provinsi yang dikunjungi.

Dalam pembekalan SMN di Mamuju, Kadiv PAP Perhutani, Slamet Teguh W menerangkan arti pentingnya merawat ekosistem yang ada di Bumi sebagai upaya menjaga masa depan dari berbagai ancaman bencana alam. Perhutani sebagai BUMN yang bergerak di bidang kehutanan tidak hanya memiliki tanggungjawab untuk menghidupi perusahaan namun juga mensejahterakan msayarakat sekitar hutan dan menjaga kelestarian lingkungan atau yang dikenal dengan istilah 3P (People, Planet, Profit) sesuai visi misi Perusahaan.

Sementara itu di Jakarta, Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy M Mauna menyampaikan harapannya terhadap hasil dari kegiatan SMN ini.

“Semoga selama mengikuti kegiatan di Papua Barat, wawasan peserta SMN bertambah dan pengalaman tentang Keindonesiaannya lebih kuat. Di Sulawesi Barat mungkin anak-anak ini kurang mengenal Perhutani karena memang tidak ada wilayah kerja di sini, hanya ada kantor PT Inhutani I yang merupakan salah satu Anak Perusahaan Perhutani,” ujarnya.

Plt. Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan PTPN III, Widya Udiantini mengatakan kepada para siswa bahwa mereka patut bersyukur terpilih dalam program SMN ini dan patut berbangga memiliki BUMN seperti PTPN III, Perhutani, KIMA, dan RNI yang memiliki peran strategis bagi bangsa dan negara. (Kom-PHT/PR/2019-VIII-29)

 

 

Untuk informasi selanjutnya dapat menghubungi:
Asep Rusnandar – Sekretaris Perusahaan
Telp. (021) 5721282
Fax. (021) 5743579
Informasi tambahan Perum Perhutani di www.perhutani.co.id

Artikel Terkait: