5 LMDH di Probolinggo Akan Dapatkan Bantuan dari BPSKL Jabalnusra

PROBOLINGGO, PERHUTANI (22/08/2019) | Sebanyak 5 (lima) Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah kerja Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Probolinggo akan mendapatkan bantuan bibit dan hewan ternak dari Balai Perhutanan Sosial & Kemitraan Lingkungan (BPSKL) wilayah Jawa Bali Nusa Tenggara (Jabalnusra), Kamis (22/8).

Bantuan tersebut untuk mendukung program kesejahteraan desa hutan yang digulirkan pemerintah untuk membantu masyarakat desa hutan dalam pengembangan usaha produktif.

Bantuan yang akan diberikan berupa uang yang diperuntukan guna pembelian bibit tanaman hutan jenis sengon, gmelina dan balsa sedangkan hewan ternak berupa kambing yang masing-masing sebesar Rp 50 juta.

Tina Hesti Wahyuni yang memimpin tim BPSKL Jabalnusra menyampaikan bantuan tersebut akan diberikan dalam dua termin. Yakni tahap pertama akan diberikan bantuan uang sebesar Rp. 30 juta atau (60%) dan sisanya atau tahap dua diberikan Rp 20 juta atau (40%). LMDH yang akan menerima bantuan antara lain, LMDH Sumber Rejeki, LMDH Alam Subur, LMDH Rimba Lestari, LMDH Tani Lestari (Gading II) dan LMDH Ranu Makmur (Gading I).

Tina yang didampingi tim dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur I Ktut Mekel dan Dwi Roni langsung mendatangi lokasi calon penerima bantuan, salah satunya di petak 9p dengan luas 5 ha berada di Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Boto, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Probolinggo yang rencana akan ditanami dengan bibit sengon dan balsa.

Dalam kesempatan itu Tina menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani yang sudah mempertemukan tim BPSKL dengan segenap LMDH diwilayah kerjanya sebagai penerima bantuan nantinya. Dia berharap bantuan uang tersebut nantinya digunakan sesuai dengan yang diusulkan.

“Jangan sampai terjadi seperti di daerah lain, setelah diberi bantuan namun digunakan tidak sesuai dengan peruntukkannya”, tuturnya.

Sementara itu Administratur Perhutani KPH Probolinggo Imam Suyuti menyampaikan pesan kepada segenap LMDH yang akan mendapatkan bantuan dari BPSKL agar betul-betul digunakan dengan sebaik-baiknya.

Dia meminta agar jika ada kendala dilapangan agar berkoordinasi dengan Kepala RPH dan Kepala BKPH atau Asper. Selain itu, Imam juga memerintahkan kepada jajarannya untuk rutin melakukan monitoring dan evaluasi kepada LMDH yang mendapatkan bantuan. (Kom-PHT/Pbo/Mmg)

Editor : Ywn

Copyright©2019