Berkat Inovasi, Kinerja Wisata 2019 Perhutani Tasikmalaya Melesat

TASIKMALAYA, PERHUTANI (08/08/2019)  |  Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Tasikmalaya terus meningkatkan pengembangan wisata alam yang ada di wilayah kerjanya, salah satunya melalui kerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) maupun stakeholder lain. Saat ini ada 9 lokasi rintisan wisata alam yang sudah berjalan, terdiri dari 7 air terjun atau curug yaitu Curug Cengdeng, Curug Cimanintin, Curug Gado Bangkong, Curug batu Blek, Curug Badak dan Batu Hanoman, Curug Ciparay dan wisata Cipanas Atmaji Pancuran Tujuh (Cipatuh), serta 2 lokasi berupa panorama alam yaitu wisata Pasir Batara dan Bubulak.

Lokasi-lokasi wisata tersebut merupakan andalan KPH Tasikmalaya dalam menarik pengunjung baik dari lokal maupun mancanegara. Selain mengandalkan kondisi alamnya, pada waktu-waktu tertentu juga diadakan event khusus yang bertaraf nasional maupun lokal dengan memasukkan unsur kesenian tradisional.

Administratur KPH Tasikmalaya, Benny Suko Triatmoko menyampaikan bahwa lokasi wisata bisa menjadi penggerak ekonomi rakyat, dengan cara mengoptimalkan peran dan tanggung jawab masyarakat. Benny juga menyampaikan pendapatan KPH Tasikmalaya dari wisata sampai dengan semester I 2019 sudah melampaui target yang ditetapkan, yaitu target sampai Juni sebesar 180 jt dengan capaian sebesar 379 jt atau setara dengan 210%.

“Kami berharap lokasi-lokasi wisata tersebut bisa berkembang agar masyarakat terjamin dan berkecukupan dalam mengelola wisata alam tersebut. Dengan pengelolaan yang intensif, pengunjung akan sangat antusias melihat wisata alam yang ada di dalam kawasan hutan, untuk itu Perhutani harus beriringan dengan LMDH,” ujarnya.

Sekertaris Dinas (Sekdis) Dinas Pariwisata Kabupaten Tasikmalaya, Edi menyampaikan apresiasinya kepada Perhutani yang telah membuat inovasi-inovasi dalam mengembangkan wisata alam menjadi lebih baik dan mampu bersaing.

“Saya dengar pendapatan Perhutani sampai dengan pertengahan tahun 2019 mengalami kemajuan, dengan mengedepankan Sapta Pesona wisata, semoga Perhutani dapat memajukan seluruh lokasi wisata sehingga pendapatannya bisa naik signifikan dan memperoleh laba,” pungkasnya. (Kom-PHT/Tsk/AH)

Editor : Ywn

Copyright©2019