Bupati Bojonegoro Resmikan Tugu ‘Sedulur Sikep Samin’ di Hutan Perhutani Ngawi

NGAWI, PERHUTANI (31/08/2019) | Untuk mempertahankan budaya dan kearifan lokal, Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah meresmikan ‘Tugu Sedulur Sikep Samin’ yang lokasinya terletak di petak 11 wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Kaligede, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Kedawak Utara, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Ngawi, Kamis (29/8).

Dalam sambutannnya Anna menyampaikan bahwa peresmian tugu ‘Sedulur Sikep Samin’ yang berdiri diantara lima pilar ini merupakan wujud dari semangat dan budaya luhur masyarakat yang masih terjaga.

“Tugu ini merupakan pengingat ajaran kebajikan tutur pinutur dari mbah Soero Sentiko. Ajaran Samin turun temurun dari nenek moyang yang mempunyai nilai luhur dan menjadi bagian dari perilaku keseharian masyarakat Dusun Jepang, Desa Kalangan, Kecamatan Margomulyo Kabupaten Bojonegoro,” katanya.

Pada kesempatan yang sama Administratur KPH Ngawi Haris Suseno menyampaikan dukungannya dalam upaya mempertahankan kearifan budaya lokal masyarakat Samin tersebut.

“Perhutani mendukung langkah pemerintah daerah Bojonegoro membangun tugu dan prasasti sebagai pengingat perjuangan mbah Samin Soero Sentiko. Kegiatan ini sekaligus untuk meningkatkan sinergitas dengan segenap stakeholder masyarakat secara menyeluruh,” ujarnya.

Menurut Haris hal itu sesuai dengan tujuan pengelolaan hutan yaitu mewujudkan hutan yang aman dan lestari untuk kepentingan lingkungan, ia juga mengajak semua lapisan masyarakat untuk turut serta menjaga dan melestarikan hutan untuk kehidupan.

Sementara itu Harjo Kardi selaku sesepuh Dusun Jepang mengungkapkan rasa senangnya karena bisa terwujud kerjasama antara masyarakat dengan Perhutani dalam melestarikan budaya luhur kebajikan yang diajarkan oleh mbah Samin Soero Sentiko. (Kom-PHT/Ngw/Rth)

 

Editor : Ywn

Copyright @2019