Festival Muharram Bondowoso, Stan Perhutani Menarik Perhatian Pengunjung

BONDOWOSO, PERHUTANI (31/08/2019) | Stan Pameran Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bondowoso pada Festival Muharram 1441 Hijriyah yang digelar di alun-alun Ki Ronggo oleh Pemerintah Kabupaten Bondowoso menarik perhatian pengunjung. Pameran tersebut dibuka oleh Bupati Bondowoso Salwa Arifin, Sabtu (31/8) rencana akan berlangsung hingga 9 september 2019.

Yang berkunjung ke stan Perhutani utamanya masyarakat dan pelajar yang berkesempatan menyaksikan visual pengolahan produk non kayu berupa gondorukem sebagai produk unggulan dan proses pembuatan minyak kayu putih serta melihat contoh hasil potongan atau blok kayu kehutanan antara lain jati, mahoni dan pinus.

Selain itu di stan KPH Bondowoso juga menampilkan produk unggulan dari beberapa Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) seperti madu, minyak kayu putih serta aneka olahan hasil hutan berupa kopi bubuk baik jenis arabika maupun robusta.

Administratur KPH Bondowoso Agus Sarwedi ditempat lain menyampaikan jika kegiatan festival Muharam 1441 Hijriyah yang di selenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bondowoso merupakan momen yang sangat baik, “Selain dalam rangka memperngati tahun baru Islam pada momen itu juga Perhutani dapat memamerkan produknya lewat stan yang didirikan,” ujar Agus.

Menurut Agus, salah satu produk Perhutani Bondowoso yang menarik perhatian adalah parfum alami yang terbuat dari buah kopi khas Bondowoso. “Pengolahan parfum tersebut merupakan kerjasama dengan LMDH Wana Agung Sejahtera binaannya,” ungkapnya.

Festival Muharram Kabupaten Bondowoso merupakan agenda tahunan dalam bentuk pameran edukatif meliputi seluruh potensi kesenian, lingkungan, budaya, dan ekonomi dengan melibatkan seluruh stakeholder mulai dari Pemerintah, SKPD, BUMN, UMKM, Swasta, serta karya inovatif masyarakat Bondowoso. (Kom-PHT/Bwo/Gni)

Editor : Ywn

Copyright @ 2019