Instruktur Pramuka Perhutani Jadi Narasumber Raimuna Semarang

SEMARANG, PERHUTANI (14/08/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Semarang hadir sebagai pemateri dalam kegiatan perkemahan Raimuna Cabang Kwartir Cabang Kota Semarang Tahun 2019 yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Harda Walika Kelurahan Jatirejo, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang pada Selasa-Sabtu (13-17/8).

Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar yang diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka. Raimuna kali ini diikuti oleh 5 saka sekota Semarang yaitu Saka Wanabakti (pramuka binaan Perhutani), Saka Kalpataru (pramuka binaan Dinas Lingkungan Hidup), Saka Wira Kartika (pramuka binaan TNI AD), Saka Taruna Bumi (pramuka binaan Dinas Pertanian), dan Saka Bhakti Husada (pramuka binaan Dinas Kesehatan).

Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Ketua Sarana dan Prasarana Kwartir Cabang Kota Semarang, Bimbong Yoga Tama. Dalam sambutannya dikatakan masing-masing saka harus bisa bekerjasama dengan saka yang lain serta bertukar wawasan sehingga nantinya mereka akan bisa menjadi Pembina bagi rekan-rekannya baik di sekolah maupun di masyarakat.

Instruktur Pramuka dari Perhutani Agus Yunianto memberikan materi  mengenai penanaman tanaman hias. Sedangkan tanaman hias yang dipilih adalah bunga bougenvil karena  jenis bunga ini bisa tumbuh di lahan kering, tidak memerlukan perawatan khusus sehingga mudah dipelihara dan warna bunga yang beraneka ragam. Peserta diberikan teori cara menanam dan praktek menanam bunga bougenvil di dalam area bumi perkemahan serta di sepanjang jalan di depan bumi perkemahan.

Administratur KPH semarang Khaerudin menyampaikan pesannya melalui Pamong Saka Wanabakti Kota Semarang Kepala  Sub Seksi Legal KPH Semarang Siwi Erlistyaningtyas berpesan kepada peserta bahwa kegiatan Pramuka bukan semata-mata menanam pohon tetapi  juga menanam kebaikan, menanam harapan, dan menanam cinta kasih oleh karena itu diharapkan anggota Pramuka  peduli pada kegiatan menanam ini,” ujarnya. (Kom-Pht/Smg/Vt).

Editor : Ywn

Copyright 2019

Artikel Terkait: