Jelang Musim Kemarau 2019, Perhutani Bogor Gelar Apel Siaga Dalkarhutla

BOGOR, PERHUTANI (14/08/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bogor mengadakan apel siaga Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) 2019 bertempat di petak 32d 1 Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Cigudeg Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Jasinga–Leuwiliang, Rabu (14/08).

Kegiatan ini dipimpin Administratur KPH Bogor Jerry Purwo Nugroho dan Wakil Administratur Muhamad Suparjo, dengan peserta segenap Asisten Perhutani (Asper), segenap Kepala Resort Pemangkaun Hutan (KRPH), perwakilan Mandor, segenap Polisi Hutan Teritorial (Polter) dan seluruh regu Satuan Tugas (Satgas) Damkar KPH Bogor serta perwakilan dari Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Selain apel siaga Dalkarhutla dilakukan pula pembinaan dan penyegaran siaga Pengen dalian Kebakaran (Dalkar) kepada seluruh peserta.

Dalam arahannya Jerry Purwo Nugroho menyampaikan agar seluruh jajaran Perhutani KPH Bogor meningkatan kompetensi dan kemampuan dibidang kebakaran hutan, selalu siap siaga dalam situasi apapun, pembentukan jiwa korsa dan kebersamaan tim serta memperkuat komunikasi dengan instansi terkait dan masyarakat.

Jerry menjelaskan pelatihan simulasi pemadaman kebakaran hutan berguna untuk mempersiapkan seluruh petugas saat terjadinya kebakaran, juga diharapkan semua petugas  dapat memahami apa yang harus dilakukan, sehingga bencana kebakaran bisa diatasi dan diminimalisir, “Tentunya dengan selalu mengutamakan keselamatan diri,” tegas Jerry.

Sementara itu Wakil Administratur KPH Bogor Muhamad Suparjo memberikan arahan dan motivasi kepada peserta tentang kesiapsiagaan dan perlindungan diri dalam pemadaman kebakaran, agar semua peserta selalu meningkatkan kemampuan dan skill dalam penanggulangan kebakaran sehingga tingkat professionalisme dapat terwujud. (Kom-PHT/Bgr/Dnu)

Editor : Ywn

Copyright©2019