Kementrian LHK Lakukan Bimtek Sistim Informasi HHBK di Perhutani Majalengka

MAJALENGKA, PERHUTANI (08/08/2019) | Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Direktorat Jendral Pengelolaan Hutan Produksi Lestari Direktorat Usaha Jasa Lingkungan Dan Hasil Hutan Bukan Kayu Hutan Produksi mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) Sistim Informasi Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) pada Perum Perhutani, bertempat di kantor Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Majalengka, Senin (07/08).

Sebagai nasarumber kegiatan yakni petugas dari KLHK sebanyak 3 orang, dan dihadiri segenap Tenaga Teknis (Ganis) Pengujian, segenap Ganis Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) Sadapan dan Daun Kayu Putih serta operator Produksi KPH Majalengka.

Maksud kegiatan tersebut dalam rangka pendataan peningkatan usaha HHBK di Perhutani, adapun tujuannya melaksanakan bimbingan teknis Sistim Informasi dalam rangka pengembangan HHBK di Perhutani Majalengka.

Administratur KPH Majalengka, Andi Mulya melalui Kepala Seksi PSDH, Erlandi menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim dari KLHK yang telah memberikan bimbingan teknis Sistim Informasi HHBK kepada jajaran Perhutani Majalengka dengan harapan setelah adanya bintek ini input data pada aplikasi SI HHBK dapat berjalan lancar.

Kepala Seksi Usaha HHBK II KLHK, Ani Lestari menyampaikan maksud dan tujuan bimbingan teknis ini untuk pendataan HHBK mulai dari potensi, perencanaan, produksi dan terintegrasi dengan sistem informasi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) online yang diwajibkan oleh KLHK untuk mendapatkan Provisi Sumber Daya Hutan (PSDH) dari komoditi jagung, mangga, padi dan lainnya pada hutan produksi yang nilainya 6% dari harga patokan berdasarkan Peraturan Pemerintah No.64 Tahun 2018 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). (Kom-PHT/Mjl/Aw)

Editor : Ywn

Copyright©2019