Mahasiswa Kehutanan Jambi Akhiri Praktek Kerja Lapangan di Perhutani Blitar

BLITAR, PERHUTANI (26/08/2019) | Mahasiswa Fakultas Kehutanan (Fahutan) Universitas Jambi mengakhiri kegiatan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di wilayah kerja Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Blitar, pada Jum’at (24/8).

Sejumlah lima orang mahasiswa yang melaksanakan PKL selama dua bulan tersebut menyampaikan terimakasih kepada Administratur KPH Blitar Indra Aries Supartha saat penutupan kegiatan di aula kantor Perhutani Blitar.

Dalam kesempatan itu Aries Indra Supratha menyampaikan jika pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan PKL yang dilakukan mahasiswa Fahutan Universitas Jambi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut Aries juga memberikan motivasi kepada para mahasiswa Fahutan yang merupakan rimbawan-rimbawan muda supaya mempunyai semangat yang tinggi dan berdedikasi serta inovatif dalam membangun hutan lestari. “Saya berharap adik-adik  bisa mewarisi semangat rimbawan yang terdahulu,” ujarnya.

Dalam PKL tersebut para mahasiswa mendapatkan pembekalan dari seluruh pejabat dari masing-masing bidang, seperti bidang tanaman, perencanaan, produksi, pemasaran, pengujian kayu, ekowisata dan keamanan hutan.

Dalam waktu dua bulan tersebut mahasiswa Fahutan Universitas Jambi melakukan PKL dengan terjun langsung ke lokasi yang sudah direncanakan sesuai bidang yang telah ditentukan, yakni berada di delapan Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH), diantaranya BKPH Sumberpucung, BKPH Kesamben, BKPH Wlingi, BKPH Lodoyo Barat, BKPH Lodoyo Timur, BKPH Rejotangan, BKPH Kalidawir dan BKPH Campurdarat.

Saat penutupan PKL Administratur Perhutani KPH Blitar Aries Indra Supartha mengucapkan terimakasih kepada Universitas Jambi khususnya kepada Fahutan yang telah mempercayakan mahasiswanya untuk melakukan kegiatan PKL di KPH Blitar.

Dalam kesempatan tersebut Aries juga menjelaskan jika wilayah kelola KPH Blitar seluas 57.334,9 hektar terdiri dari hutan produksi seluas 42.282,18 ha dan hutan lindung seluas 15,052,1 ha berada di tiga Kabupaten yaitu Kabupaten Malang, Blitar dan Tulungagung.

“Semoga PKL di KPH Blitar menjadi pengalam yang baik dan hasil praktek nantinya bisa berguna untuk kemajuan ilmu kehutanan, khususnya di Blitar,” kata Aries. (Kom-Pht/Btr/RY)

Editor : Ywn

Copyright©2019