Mahasiswa Universitas Mataram Akhiri PKL di Perhutani Saradan

SARADAN, PERHUTANI (28/08/2019) | Mahasiswa Universitas Mataram Nusa Tenggara Timur (NTT) yang melakukan praktek kerja lapangan (PKL) di Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Saradan dari tanggal 22–28 Agustus 2019, mengakhiri kegiatannya dengan melakukan presentasi hasil kegiatan PKL di depan Tenaga Profesional Utama Bidang Kelola Sumberdaya Hutan Ririh Prabowo dari Pusat Pendidikan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Pusdikbang SDM) Perhutani Madiun dan Administratur KPH Saradan Noor Rochman  di ruang aula kantor KPH Saradan pada Rabu, (28/8).

Sebanyak 10 Mahasiswa dan didampingi 2 dosen pembimbing dari Universitas Mataram melakukan PKL di 3 unit kerja Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wilangan Utara, BKPH Pajaran dan BKPH Jatiketok Utara.

Mereka belajar bidang persemaian, tanaman, pemeliharaan, pemanenan/produksi, keamanan hutan dan kelola sosial di wilayah kerja KPH Saradan dengan dibantu oleh jajaran petugas Perhutani di lapangan.

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu bentuk kegiatan kurikulum Program Studi Kehutanan Universitas Mataram yang berbasis kompetensi. Kompetensi diartikan sebagai suatu rangkaian kegiatan penerapan ilmu pengetahuan kehutanan mahasiswa secara langsung di lapangan. Mahasiswa melakukan pengamatan, pengukuran, wawancara, analisis, peragaan, perancangan dan uji coba yang mencakup seluruh aspek pengelolaan hutan berbasis kelestarian ekosistem.

Seperti dikatakan Dosen pembimbing Universitas Mataram Muhammad Rifqi Tirta mengatakan, ”Melalui praktek kerja lapang diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengalaman praktis di dunia kerja serta dapat melakukan pengkajian dan penerapan keilmuan serta teori yang diperoleh mahasiswa selama proses pembelajaran di perguruan tinggi terutama pada aspek  Pengelolan Hutan,” ujarnya.

Praktik kerja lapangan ini menurutnya dapat menjadi jembatan antara pendidikan tinggi dengan berbagai lembaga mitra seperti pemerintah, lembaga swadaya masyarakat dan perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) utamanya Perhutani KPH Saradan tempat Mahasiswa kami PKL.

Ditempat yang sama Administratur KPH Saradan Noor Rochman mengatakan, pihaknya merasa senang sekaligus bangga karena sudah dipercaya dan ditunjuk sebagai tempat PKL oleh Mahasiswa Universitas Mataram untuk menambah ilmu pengetahuan dibidang kehutanan.

“Meskipun dengan segala keterbatasan, kami telah berusaha untuk memberikan ilmu yang terbaik kepada para Mahasiswa dengan harapan semoga ilmu tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi Mahasiswa untuk melaksanakan tugas dan pekerjaan sebagai rimbawan dimasa yang akan datang”, ujar Noor Rochman. (Kom-PHT/Srd/Swn)

Editor : Ywn

Copyright©2019