Perhutani Sukabumi Bahas Pemanfaatan Sumber Mata Air Bersama Pemdes Padasenang

SUKABUMI, PERHUTANI (06/08/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Sukabumi bersama Pemerintah Desa Padasenang Kecamatan Sagaranten Kabupaten Sukabumi membahas rencana pemanfaatan sumber mata air di Kantor Desa Padasenang, Senin (06/08).

Hadir dalam acara pembahasan tersebut Tim dari KPH Sukabumi diantaranya Kepala Seksi (Kasi) Perencanaan dan Pengembangan Bisnis (PPB) Deni Rusyana, Junior Manager Bisnis Syahjidin Noor, Kepala Sub Seksi Perencanaan Uday Jubaedi serta dari Pemerintahan Desa Padasenang yaitu Pelaksana Tetap Kepala Desa Padasenang, Niptahul Ajiz beserta jajarannya.

Administratur Perhutani KPH Sukabumi, Agus Yulianto  dalam kesempatan terpisah menyampaikan pembahasan tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut  permohonan  rencana pemanfaatan air oleh masyarakat desa Padasenang.

“Pembahasan dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari permohonan masyarakat yang disampaikan kepada Perhutani. Kami perlu mendapatkan gambaran yang jelas sebagai bahan kajian dan pertimbangan, agar dalam pemanfaatan sumber mata air tersebut dapat diterima semua pihak yang berkepentingan dalam pengeloaan hutan baik dari aspek sosial, ekonomi dan lingkungan” tegas  Agus di akhir perbincangan.

Selain melakukan pembahasan rencana pemanfaatan air, Tim Perhutani Sukabumi beserta Pemdes Padasenang juga melakukan peninjauan lokasi rencana pemanfaatan sumber mata air yang berada di petak 88 e Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Bentang Timur Bagian Kesatauan Peamngkuan Hutan (BKPH) Sagaranten KPH Sukabumi.

Pelaksana Tetap Kepala Desa Padasenang, Niptahul Ajiz menyampaikan sumber mata air tersebut akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air baik pribadi maupun umum.

“Rencananya sumber mata air tersebut akan dimanfaatkan warga kami sebanyak 88 KK serta kepentingan umum seperti rumah ibadah dan sekolah,“ ujar Niptahul.

Sebagai tindak lanjut pembahasan tersebut Tim KPH Sukabumi akan melakukan kajian serta menyusun pola dan rencana kerjasama pemanfaatan sumber mata air antara Perhutani dan masyarakat sebagai aspek legalitasnya. (Kom-PHT/Skb/Tfk)

Editor : Ywn

Copyright©2019