Perhutani Bersama Instansi Lintas Sektoral Kebumen Gelar Apel Siaga Antisipasi Karhutla

KEDU SELATAN, PERHUTANI  (2/8/2019) | Perhutani  Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kedu Selatan adakan Apel Siaga Karhutla yang dilaksanakan di Kabupaten Kebumen tepatnya di Wisata Alam Perhutani Pentulu Indah RPH Karangsambung BKPH Kebumen, Kamis (1/8).

Apel tersebut dilaksanakan dalam rangka kesiapsiagaan dan antisipasi kebakaran hutan dan lahan serta koordinasi lintas sektoral. Apel diikuti oleh Cabang Dinas Kehutanan Wilayah VIII, Kodim 0709 Kebumen, Polres Kebumen, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan organisasi Masyarakat Peduli Api (MPA).

Administratur KPH Kedu Selatan, Yudha Suswardhanto menyampaikan bahwa kebakaran hutan dan lahan menjadi isu nasional bahkan internasional karena berdampak langsung terhadap manusia dan lingkungan.

“Pentingnya perhatian serius dari Pemerintah Pusat dan daerah disamping sinergitas antar SKPD terkait serta pemberdayaan kelompok masyarakat seperti LMDH, MPA dan MMP”, ujarnya.

Yudha berharap semua pihak bisa lebih sigap dan antusian menjaga hutan dari gangguan keamanan dan kebakaran.

“Secara formal atau informal beri pengetahuan dini terhadap generasi muda, mengampanyekan pencegahan karhutla serta kesiapsiagaan petugas dilapangan adalah wajib untuk merespon serta mengambil tindakan saat kejadian kebakaran hutan,” lanjutnya.

Dalam Apel Siaga Antisipasi Karhutla diserahkan secara simbolis tabung apar dan gepyok untuk 31 resort pemangku hutan dan dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan kebakaran hutan bersama. (Kom-PHT/Kds/Ken)

Editor : Ywn

Copyright©2019

Artikel Terkait: