Perhutani Dukung Pembangunan Kampung Lebah di Desa Lumbang Probolinggo

PROBOLINGGO, PERHUTANI (30/08/2019) |  Guna menggalakan Pariwisata berbasis Madu di Kabupaten Probolinggo, rencananya akan dibangun kampung lebah di Desa Lumbang, Kecamatan Lumbang. Hal tersebut terungkap saat rapat yang digelar di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Probolinggo yang dihadiri segenap Kepala Dinas lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, Perhutani, utusan Universitas Surabaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Kepala Desa Lumbang, perwakilan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tirto Ageng, LMDH Tunas Harapan, LMDH Wana Makmur, LMDH Mada Lestari pada Kamis (29/8).

Dalam sambutannya Kepala Bapedda Probolinggo, Tutug Edi UAH menyampaikan bahwa dalam pertemuan ini diharapkan semua yang hadir untuk memberikan solusi agar masyarakat Desa Lumbang punya penghasilan lebih dengan adanya budidaya lebah madu nantinya.

Sementara dalam paparannya, Administratur Perhutani KPH Probolinggo, Imam Suyuti menyampaikan bahwa pihaknya akan mendukung program pemerintah kabupaten Probolinggo tersebut. Menurutnya di wilayah yang akan dikembangkan budidaya lebah madu di Desa Lumbang tersebut Perhutani pun mempunyai mitra kerja yakni Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Tirto Ageng yang sudah mempunyai perjanjian kerjasama.

Pada rapat tersebut juga dihadiri beberapa narasumber dari citivas akademika salah satunya Ema R dosen Universitas Surabaya yang menyampaikan bahwa pihaknya banyak memberikan pelatihan dan bantuan pada peternak lebah madu yang rencana akan dibentuk kampung lebah dan pariwisata berbasis madu dengan produksi yang berkwalitas.

Ema juga mengungkapkan bahwa pihaknya juga memberikan bantuan berupa bangunan rumah standarisasi madu agar kadar air sesuai dengan SNI yakni kurang dari 20 persen. “Hal itu bertujuan agar peternak lebah madu jadi satu dalam pengumpulan madu sehingga kwalitas madu terjamin,” ujarnya.

Selain itu Ema juga menjelaskan,  untuk mengembangkan budidaya lebah madu tersebut diperlukan juga bantuan modal dan pemasarannya melalui dinas koperasi. Sedangkan untuk kemitraannya bisa bekerjasama dengan LMDH setempat untuk penanaman pohon randu dan kaliandra untuk mencukupi kebutuhan makanan lebah. (Kom-PHT/Pbo/Mmg)

 

Editor : Ywn

Copyright @ 2019