Perhutani Gelar Pelatihan Pemadaman Kebakaran di PGT Cimanggu

CILACAP, PERHUTANI (27/8/2019) | Pabrik Gondorukem dan Terpentin (PGT) Cimanggu Perum Perhutani menggelar pelatihan dan simulasi pemadaman kebakaran di lingkungan pabrik dengan mengoperasikan alat pemadam api ringan (APAR) dan Hydran air di PGT Cimanggu, Selasa (27/8).

Kegiatan dipimpin langsung oleh Kepala Pabrik Junaedi dan diikuti oleh 58 Orang Karyawan PGT Cimanggu dan dihadiri oleh Expert Madya  Industri Perhutani Divre Jateng  Teguh Waluyo.

PGT Cimanggu merupakan salah satu industri pengolahan getah yang dimiliki oleh Perhutani Divisi Regional Jawa Tengah dibawah kendali Kesatuan Bisnis Mandiri Industri Hasil Hutan (KBM IHH)  yang mempunyai resiko tinggi terhadap kejadian kebakaran  instalasi pabrik.

Tujuan dari simulasi tersebut adalah untuk menguji kesiapan karyawan bila terjadi kecelakaan kerja dan kebakaran dan memastikan bahwa situasi darurat terkendali dengan baik sesuai prosedur.

Teguh Waluyo menyampaikan pesan Kepala Perhutani Divre Jateng agar segenap jajaran  industri khususnya pabrik agar selalu waspada dan siap menghadapi kecelakaan di tempat kerja salah satunya adalah  kebakaran pabrik .

“Industri pengolah getah pinus sangat rawan  terbakar karena getah pinus sendiri mengandung  minyak  oleh karena itu karyawan di pabrik ini harus paham, siap dan trampil mengatasi hal-hal yang tidak diharapkan semacam kebakaran misalnya”, ujarnya.

Pemerintah melalui UU NO 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja khususnya di BAB V Pasal 9 mengamanatkan bahwa Pengurus diwajibkan menyelenggarakan pembinaan bagi semua tenaga kerja yang berada di bawah pimpinannya, dalam pencegahan kecelakaan dan pemberantasan kebakaran serta peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja, pula dalam pemberian pertolongan pertama pada kecelakaan. (Kom-PHT/DivreJateng/Isa)

Editor : Ywn

Copyright©2019