Perhutani Jombang Bantu Percepat Proses Ijin Kulin KK untuk LMDH di Wilayah Kerjanya

JOMBANG, PERHUTANI (27/08/2019) |  Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang melakukan percepatan proses Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK) untuk Lembaga Masyarakat Desa Hutan di wilayah kerjanya, yang dilaksanakan pada Senin (26/8) di aula kantor Perhutani Jombang.

Tahap pertama yang dilakukan adalah pengumpulan fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) dan verifikasi teknis oleh tim internal KPH Jombang yang akan dilakukan sampai akhir  Agustus 2019.

Administratur Perhutani KPH Jombang Beddi Taviffudin menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan percepatan Kulin KK tersebut.

Dia meminta Pejabat Pemangku wilayah kawasan hutan memiliki pengetahuan dan kemampuan dalam bersosialisasi. “Agar dapat komunikasi dan bernegosiasi serta musyawarah pada saat penyusunan Naskah Kesepakatan Kerjasama (NKK),” katanya.

Menurut Beddi pada prinsipnya, KPH Jombang siap dan mendukung Program Perhutanan Sosial (PS) baik itu skema  Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial (IPHPS) maupun skema Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan (Kulin KK).

“Dengan dilakukan Verifikasi Teknis (Vertek) internal ini diharapkan LMDH paham tentang hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh LMDH setelah mendapatkan SK Kulin KK,” tutur Beddi.

Sementara itu Ketua LMDH Andhika Wana Lestari Dwi Wahono menyampaikan ucapan terima kasih kepada KPH Jombang yang telah membantu proses Kulin KK. “Sebagai mitra kerja kami mengikuti dan tunduk kepada aturan yang berlaku,” ucapnya.

Menurut Dwi kerjasama dalam bentuk PHBM ataupun Kulin KK baginya sama saja, “Yang penting LMDH dan Perhutani tetap bermitra, perekonomian anggota LMDH dapat meningkat dan hutan tetap lestari,” pungkasnya. (Kom-PHT/Jbg/Ayu)

 

Editor : Ywn

Copyright©2019