Perhutani Jombang bersama LMDH Gelar Apel Siaga Dalkarhutla

JOMBANG, PERHUTANI (26/08/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Jombang menggelar Apel Siaga Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) yang dilaksanakan di halaman  Kantor KPH Jombang,  Selasa (20/8).

Kegiatan tersebut melibatkan personil Polisi Hutan Teritorial (Polter) yang merupakan garda depan dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan, termasuk perwakilan sejumlah anggota Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) di wilayah kerja Perhutani Jombang.

Administratur Perhutani KPH Jombang, Beddi Taviffudin mengatakan jika kegiatan apel siaga Dalkarhutla ini dilaksanakan untuk melatih kesiapan personilnya agar memiliki kemampuan dasar dalam menanggulangi saat terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

Ia juga menjelaskan selain membentuk Satuan Tugas Pemadam Kebakaran (Satgasdamkar) yang terdiri dari masyarakat setempat,  juga membentuk tim gabungan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH), bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jombang dan  TNI/Polri.

“Hutan sebagai penyangga kehidupan menjadi tanggung jawab semua pihak untuk dijaga kelestariannya, khususnya dari ancaman kebakaran pada saat musim kemarau. Di wilayah KPH Jombang hampir 80% wilayahnya rawan kebakaran hutan, sehingga diperlukan antisipasi dini,” jelas Beddi.

“Kebakaran bisa terjadi dari berbagai faktor seperti cuaca, keteledoran, maupun tangan-tangan jahil manusia, maka perlu dilakukan tindakan preventif yakni penyuluhan kepada masyarakat. Kami mengajak kepada semua pihak untuk mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan dan berpartisipasi secara aktif dalam pengendaliannya,” tutupnya.

Sementara itu Ketua LMDH Wana Ayu Lestari Supriyadi menyatakan jika anggotanya bersama masyarakat yang lain siap membantu dan mengamankan kawasan hutan agar tidak terjadi kebakaran. “Kami juga mengajak kepada seluruh masyarakat desa untuk bersinergi dengan petugas Perhutani dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan yang ada diwilayah hutan,” ungkapnya. (Kom-PHT/Jbg/DJ)

Editor : Ywn

Copyright©2019