Perhutani Kuningan Berikan Bantuan Logistik dan Personil untuk Padamkan Api di Gunung Ciremai

KUNINGAN, PERHUTANI (15/08/2019) | Dalam rangka pemadaman kebakaran hutan yang terjadi di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kuningan memberikan bantuan berupa logistik dan personil Polhutan Mobil (Polhutmob) sebanyak 9 orang yang bertempat di Pos Pendakian Gunung Ciremai (PPGC) Palutungan Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan, Selasa (13/08).

Acara dihadiri Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin, Kepala TNGC Kuswandono, Kapolsek Cigugur Iptu Maman Hermana, Danramil Cigugur Kapten Arh Dulkadir, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Akar, Wakil Administratur KPH Kuningan Mulyana Kurniawan dan relawan masyarakat sekitar hutan.

Mulyana Kurniawan menjelaskan jika kebakaran hutan dan lahan merupakan permasalahan yang rutin terjadi setiap musim kemarau. Semua pihak dan masyarakat harus menjaga terjadinya kebakaran hutan dan lahan, karena dampaknya tidak hanya akan dirasakan saat ini tapi bagi generasi selanjuntnya. Keberadaan hutan akan diperlukan karenanya oleh manusia selamanya.

“Oleh karena itu pihak Pehutani sudah siap membantu dan akan menurunkan tenaga keamanan Polhutmob sebanyak 12 orang untuk bersama-sama memadamkan kebakaran hutan yang terjadi di kawasan hutan Taman Nasional  Gunung Ciremai (TNGC),” tandasnya.

Kepala BPBD Kabupaten Kuningan Agus Mauludin menyampaikan bahwa hampir setiap tahun pada musim kemarau di Kabupaten Kuningan terjadi kebakaran hutan dan telah mengakibatkan bencana yang menimbulkan kerugian ekonomi, kerusakan ekosistim maupun pencemaran lingkungan.

“Dalam rangka pencegahan, pengendalian, dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan perlu dibentuk tim kordinasi terpadu lintas Intansi khususnya di Kabupaten Kuningan,” ujarnya. (Kom-PHT/Kng/Dd)

Editor : Ywn

Copyright©2019