Perhutani Madura Salurkan Dana PKBL Rp 165 Juta Kepada Mitra Binaan

MADURA, PERHUTANI (29/08/19) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Madura menyerahkan bantuan modal usaha kecil dan menengah kepada 5 (lima) mitra binaan melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) sebesar Rp 165 juta yang diserahkan oleh Administratur KPH Madura Rumhayati diruang rapat kantor Perhutani KPH Madura, Kamis (29/8).

Rumhayati menyampaikan dana program kemitraan ini diperoleh dari hasil keuntungan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk menyisihkan sebagian labanya untuk membantu pengembangan usaha kecil dan menengah dana ini diperoleh dari Negara yang diserahkan pengelolaannya pada Perhutani.

Menurut Irum panggilan akrab Rumhayati, sebenarnya PKBL bukan hal yang baru Program ini terdiri dari dua kegiatan yaitu program perkuatan usaha kecil melalui pemberian pinjaman dana bergulir dan pendampingan disebut Program Kemitraan serta program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat sekitar yang disebut Program Bina Lingkungan.

“Program PKBL merupakan formulasi pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) bagi BUMN atau perusahaan yang operasionalnya tidak berhubungan langsung dengan pemanfaatan sumber daya alam seperti perbankan, telekomunikasi dan sebagainya,” jelas Irum.

Di tempat terpisah Moh Jufri salah satu penerima bantuan dana PKBL yang mempunyai usaha meubel mengatakan “Ini merupakan pinjaman yang kedua setelah memperoleh kategori lancar dalam melunasi pinjamannya,” ujarnya.

Jufri menambahkan dana yang diperoleh sebelumnya benar benar digunakan untuk kepentingan modal usahanya dan berhati-hati dalam menjalankan usahanya sehingga hasilnya dapat berkembang seperti sekarang ini dan bisa melunasi pinjaman.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Perhutani atas bantuan pinjaman modal dan bimbingannya sehingga usahanya berjalan dengan baik pungkasnya. (Kom-PHT/Mdr/Mbl)

Editor : Ywn

Copyright @ 2019