Perhutani, Pokmas dan Forkopimka Pesanggaran Gelar Pagelaran Wayang Kulit di Pantai Pulau Merah

BANYUWANGI SELATAN, PERHUTANI (31/08/2019) | Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1441 H, Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Banyuwangi Selatan bekerjasama dengan Kelompok Masyarakat (Pokmas) Pulau Merah dan Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) plus Kecamatan Pesanggaran menggelar pagelaran wayang kulit, Sabtu (31/8).

Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin setiap tahun yang merupakan tradisi ‘1 syuro’ di wana wisata Pulau Merah sebelum dilakukan acara larung sesaji di laut lepas.  Acara yang juga sebagai ruwatan wisata pantai Pulau Merah tersebut mendatangkan Dalang Ki Yuwono Labdo Carito dari Banyuwangi dengan lakon ‘Sesaji Rojo Suyo’.

Administratur KPH Banyuwangi Selatan Nur Budi Susatyo menyampaikan, larung sesaji untuk menyambut ‘1 syuro’ di pantai Pulau Merah merupakan salah satu adat kebudayaan di Banyuwangi. “Harapannya semua penduduk dan pengelola wisata diberikan keselamatan,  dengan tradisi ini mudah-mudahan pengunjung wisata tersebut tambah meningkat,” ujarnya.

Menurutnya Perhutani terus mendukung kegiatan tradisi ini.  “Kita memohon kepada Allah SWT untuk keselamatan pengelola wisata dan penduduk sekitar juga untuk keselamatan pengunjung wisata,” ucapnya.

Sementara itu Camat Pesanggaran Sugiyo Dermawan di sela-sela acara pembukaan acara mengatakan jika ruwatan tersebut tujuannya untuk memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar diberikan keselamatan dan murah rizki bagi penduduk sekitar, khususnya pengelola wisata Pulau Merah. (Kom-PHT/Bws/Muk)

 

Editor : Ywn

Copyright @ 2019