Perhutani Purwakarta Jadi Sample Audit Resertifikasi ke-2 FSC Controlled Wood 2019

PURWAKARTA, PERHUTANI (01/08/2019) | Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Purwakarta terpilih menjadi sample resertifikasi audit FSC Controlled Wood 2019 Divisi Regional Jawa Barat dan Banten. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari dari tanggal 29 – 30 Juli 2019. Audit dilakukan oleh PT SGS Indonesia dengan auditor Zaenal Abidin, Fourry Meilano, dan Gunung Wijanarko, Selasa (30/07).

Audit Controlled Wood FSC dilaksanakan secara multisite dengan lingkup korporat, dimana dari setiap Divisi Regional dipilih secara bergilir sampel KPH untuk di audit pada tahun berjalan. Kegiatan ini wajib diikuti setiap tahun oleh Perhutani selama masa berlaku sertifikat dengan dilaksanakannya audit surveillance guna mempertahankan sertifikat yang sudah diperoleh.

Dalam pelaksanaannya, hari pertama dimulai dengan opening meeting  yang dlanjutkan dengan desk audit melalui review dokumen. Semua PIC di interview oleh auditor SGS bidang produksi, sosial dan lingkungan. Hari ke dua dilanjutkan dengan audti lapangan dengan  lokasi yang menjadi sample bidang sosial adalah kunjungan ke LMDH Wana Harapan BKPH Pangkalan dan Lokasi Wisata Curug Cigentis. Pertemuan dengan LMDH untuk memastikan pemahaman hasil konsultasi publik yang dilaksanakan oleh KPH Purwakarta dan memastikan tanggapan anggota LMDH pada saat mengikuti konsultasi publik.

Pada bidang lingkungan yang menjjadi sample auditor ke lokasi HCFV yang digunakan untuk Program Nasional Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di wilayah kerja RPH Kutapohaci BKPH Telukjambe untuk memastikan kayu-kayu yang ditebang tidak diproduksi oleh Perhutani. Kemudian obyek lokasi berikutnya ke lokasi KPS di petak 18 BKPH Sadang, memastikan tegakan di lokasi KPS tidak ditebang.

Sample bidang produksi adalah petak 47a RPH Tanggulun BKPH Kalijati untuk memastikan rencana tebangan kayu mahoni dimana target RPKH PDE 10 dengan rencana produksi perbandingannya sangat signifikan. Setelah audit lapangan, pada hari ke dua langsung dilaksanakan closing meeting dengan kegiatan paparan catatan dan temuan oleh auditor atas hasil audit di KPH Purwakarta.

Menanggapi catatan dan temuan hasil audit Controlled Wood oleh auditor, Administratur Purwakarta Arsis Sulistyono menyatakan kesiapannya untuk segera memenuhi dalam waktu secepatnya dan akan berkoordinasi dengan kantor Divisi Regional serta Kantor Pusat Perhutani. (Kom-PHT/Pwk/Yh)

Editor : Ywn

Copyright©2019